Lukisan Ini Dilelang Rp 99 Miliar, Bayarnya Pakai Kripto

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 17:00 WIB
Lukisan Mahal
Lukisan Ini Dilelang Rp 99,4 Miliar, Bayarnya Pakai Kripto
Jakarta -

Rumah lelang Sotheby's telah mengumumkan kalau pihaknya akan segera mengadakan lelang cryptocurrency langsung pertamanya. Dalam lelang cryptocurrency tersebut, Sotheby's akan menampilkan dua lukisan terkenal karya Banksy.

Melansir dari Gotham Magezine, Rabu (17/11/2021), dua karya Banksy yang akan dilelang tersebut yakni "Trolley Hunters" dan "Love is in the Air."

Rumah lelang Sotheby's telah menetapkan untuk mengadakan lelang cryptocurrency pertamanya ini esok, Kamis (18/11), di markas Sotheby's New York City.

Karena banyaknya minat terhadap karya Banksy, rumah lelang Sotheby's memperkirakan harga jual lukisan-lukisan tersebut antara US$ 5 juta hingga US$ 7 juta atau setara dengan Rp 71 miliar hingga Rp 99,4 miliar (kurs Rp 14.200).

Lukisan MahalBanksy "Trolley Hunters" Foto: Dok. Istimewa

Namun, alih-alih menggunakan mata uang dolar tradisional, calon pembeli akan mengajukan penawaran menggunakan cryptocurrency Eter.

Seperti yang sudah diketahui, Eter sendiri merupakan cryptocurrency paling populer kedua di dunia, dan yang paling sering digunakan untuk penjualan digital NFT.

Pada waktu pers, satu Eter saat ini bernilai sekitar US$ 4.740. Artinya, bila harga salah satu lukisan tersebut perkiraan dapat mencapai di atas US$ 4 juta atau lebih besar, maka peserta perlu menyiapkan kira-kira 850 koin Eter atau lebih besar.

Namun, meski penawaran langsung ini akan dilakukan menggunakan cryptocurrency Eter, penawar yang memenangkan lelang dapat membayar lukisan tersebut dalam mata uang fiat, atau dalam bentuk Bitcoin atau USDC. Jadi penawar tidak perlu khawatir bila koin Eter yang dimilikinya tidak cukup atau ia memang tidak menggunakan cryptocurrency ini.

(fdl/fdl)