Gokil El Salvador Mau Bangun Kota Bitcoin Pertama di Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 22 Nov 2021 09:00 WIB
SALT LAKE CITY, UT - APRIL 26: A pile of Bitcoins are shown here after Software engineer Mike Caldwell minted them in his shop on April 26, 2013 in Sandy, Utah. Bitcoin is an experimental digital currency used over the Internet that is gaining in popularity worldwide. (Photo by George Frey/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pemerintah El Salvador berencana untuk membangun Kota Bitcoin pertama di dunia. Nantinya kota ini akan dibangun dari surat utang atau obligasi yang diterbitkan pada 2022 oleh negara tersebut.

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengungkapkan kota bitcoin ini diharapkan bisa menarik investasi untuk negara di Amerika Tengah tersebut.

Dikutip dari CNN disebutkan pemerintahan El Salvador memang sedang gencar-gencarnya mempromosikan penggunaan bitcoin. Nantinya kota bitcoin ini terletak di wilayah timur dan memiliki panas bumi dari gunung berapi. Di kota tersebut pemerintah tak akan memungut pajak, kecuali pajak pertambahan nilai (PPN).

"Investasikan di sini dan dapatkan semua uang yang anda inginkan. Ini adalah kota ekologis yang bekerja dan memiliki energi dari gunung berapi," kata dia dikutp dari CNN, Senin (22/11/2021).

PPN yang dipungut akan digunakan untuk mendanai penerbitan surat utang yang hasil dananya digunakan untuk pembangunan kota. Lalu setengahnya untuk biaya pelayanan seperti kebersihan dan infrastruktur publik. Untuk pembangunan ini diprediksi akan menelan biaya hingga 300.000 keping bitcoin.

Pada September, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Namun, dari jajak pendapat yang digelar, banyak masyarakat yang meragukan rencana tersebut.

Dalam pembangunan kota tersebut, Bukele berkiblat pada kota yang dibangun Alexander the Great. Yaitu kota berbentuk lingkaran, terdapat bandara, area perumahan dan komersial.

Kota juga akan dilengkapi dengan alun-alun yang memiliki tampilan logo bitcoin jika dilihat dari udara.

"Jika anda ingin bitcoin tersebar ke seluruh dunia, kita harus membangun beberapa kota seperti Alexandria," ujar dia.

Chief Strategy Officer Blockstream Samson Mow mengungkapkan El Salvador akan menerbitkan surat utang bernama volcano bond senilai US$ 1 miliar dan bisa dibeli menggunakan bitcoin. Kupon dibanderol 6,5%.

Setelah 5 tahun, El Salvador akan menjual beberapa bitcoin yang digunakan untuk pendanaan obligasi berikutnya. Dia memprediksi saat itu nilai cryptocurrency akan terus menguat. "Kondisi ini akan menjadikan El Salvador sebagai pusat keuangan dunia," jelas dia.



Simak Video "Mantap Jiwa! Harga Kripto Shiba Inu Meroket Nih"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)