Bos Proyek Kripto Meta Resmi Mengundurkan Diri, Ada Apa Nih?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 16:07 WIB
david marcus facebook
David Marcus/Foto: Facebook
Jakarta -

David Marcus, eksekutif yang bertanggung jawab atas proyek kripto di perusahaan Meta (sebelumnya Facebook) secara resmi telah mengumumkan untuk mengundurkan diri.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Marcus melalui akun Twitternya pada Selasa (30/11) kemarin. Sementara itu, dikabarkan bahwa ia akan segera meninggalkan perusahaan milik Mark Zuckeberg tersebut pada akhir tahun ini untuk mengerjakan proyek bisnis usahanya sendiri yang tidak disebutkan itu.

"Berita pribadi: setelah tujuh tahun yang memuaskan di Meta, saya telah membuat keputusan sulit untuk mengundurkan diri dan meninggalkan perusahaan pada akhir tahun ini," kata Marcus dalam salah satu dari serangkaian cuitannya di Twitter, Selasa (30/11).

Mengutip CNN, Rabu (1/12/2021), posisi yang akan ditinggalkan oleh Marcus ini rencananya diisi oleh Stephane Kasriel yang saat ini menjabat sebagai Vice President Novi. Kasriel merupakan mantan CEO Upwork dan seperti Marcus, ia juga mantan eksekutif di PayPal.

Sebagai informasi, sebelum bekerja sebagai kepala divisi proyek kripto Meta, Marcus merupakan presiden PayPal. Ia bergabung dengan Facebook yang kini berganti nama menjadi Meta sejak tujuh tahun lalu, tepatnya pada 2014 untuk bertugas mengawasi produk jejaring sosial itu.

Baru setelah itu, ketika Facebook mulai mengumumkan proyek mata uang digital pada 2019, Marcus kemudian bertugas untuk mengawasi proyek Libra. Pada saat itu Libra digadang-gadang dapat memungkinkan orang mengirim uang dengan mudah melintasi perbatasan.

Namun, proyek Libra mengalami penundaan di tengah pengawasan dari legislator dan badan pengatur. Saat itu, pemerintah Amerika Serikat (AS) khawatir pada potensi pengaruh Facebook di pasar keuangan serta potensi risiko privasi, yang akhirnya membuat Marcus dipanggil untuk bersaksi di depan anggota Kongres tentang masalah 2019 lalu.

Barulah kemudian Facebook kemudian mengganti nama Libra menjadi Diem. Perusahaan juga meluncurkan dompet digital bernama Novi dalam uji coba terbatas pada bulan Oktober, tetapi tanpa mata uang digital yang awalnya dimaksudkan untuk menjadi fitur terbesarnya.

(ara/ara)