LinkAja Masuk Bisnis Payroll buat UMKM hingga Korporasi

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 17:48 WIB
LinkAja
Foto: LinkAja
Jakarta -

PT Fintek Karya Nusantara pemilik dompet digital LinkAja punya fitur untuk UMKM dan Korporasi bernama Layanan Business Solution. Fitur ini bisa digunakan, misal membantu UMKM transaksi jual-beli dan korporasi atau perusahaan untuk kirim gaji hingga insentif.

LinkAja mengatakan fitur itu mendukung transformasi layanan keuangan digital yang menyeluruh bagi pelaku usaha dan korporasi di berbagai industri.

"Kami senantiasa mengikuti laju perkembangan dengan menghadirkan solusi digital yang relevan dengan kebutuhan mitra bisnis dan korporasi. Kami percaya bahwa untuk dapat mencapai inklusi keuangan yang menyeluruh, perlu adanya pendekatan untuk menghadirkan layanan keuangan yang memadai termasuk dengan menghadirkan pendekatan pada tatanan korporasi. Secara komprehensif kami telah mengakselerasi digitalisasi ekosistem UMKM dan korporasi mitra Layanan Bisnis kami," jelas Direktur Operasi PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja), Widjayanto, dalam Media Gathering di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Adapun sejumlah fasilitas yang tersedia dalam fitur baru LinkAja tersebut, pertama bisa digunakan untuk Penyaluran Dana (Cash Disbursement). Fitur itu bisa penyaluran gaji, insentif, tunjangan makan hingga komisi.

Kedua, Digitalisasi Pembayaran untuk melayani transaksi merchant to merchant (warung), pembayaran ke distributor atau dilakukan antara pelanggan ke merchant. Ketiga Pengumpulan Kas (Cash Collection), katanya fitur ini bisa meminimalisir uang palsu hingga perampokan. Terakhir ada keempat ada Digitalisasi Ekosistem dan kelima Layanan Advertising.

"LinkAja juga melayani pembayaran listrik, PDAM, BPJS, ini di satu sisi memudahkan karyawan. Untuk merchant menjadi tambahan income, mislanya UMKM melakukan melayani penjualan pulsa, pembayaran listrik, PDAM, " ujarnya.

Widjayanto mengatakan Layanan Business Solution LinkAja turut memperkuat layanan keuangan digital dalam bisnis dan korporasi seperti Penjualan Product Digital, dan Digital Lending. Business Solution LinkAja dapat memfasilitasi mitra korporasi dan UMKM dengan layanan yang real time, efisien, aman dan fleksibel.

Dalam Digital Lending LinkAja, memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mendapatkan modal atau pinjaman digital tambahan untuk memperbesar skala bisnis.

"Pertumbuhan pengguna Layanan Business Solution LinkAja di tahun 2021 meningkat lebih dari 70% dibandingkan tahun 2020. Dari sisi teknologi, LinkAja memiliki prinsip untuk bisa menghadirkan rangkaian produk teknologi yang dapat membangun ekosistem," paparnya.

Sebagai informasi, saat ini LinkAja sudah memiliki 200 mitra dari korporasi besar di Indonesia telah mengadopsi layanan Business Solution LinkAja untuk mendigitalisasikan ekosistem korporasi mereka, seperti Pertamina, Bank Mandiri, Bank BRI, Telkomsel, Sampoerna Retail Community (SRC), BlueBird, dan lainnya.

LinkAja juga telah bekerja sama dengan Pemerintah, baik Pemerintah Kota maupun
Pemerintah Provinsi, kolaborasi dengan Bank Indonesia untuk sosialisasi penggunaan QRIS

Hingga bulan November 2021, penggunaan QRIS LinkAja telah mencapai lebih dari 1,3 juta merchant, dan sudah digunakan di lebih dari 500 kota dan kabupaten seluruh Indonesia serta melakukan edukasi tentang manfaat transaksi digital dan pelatihan untuk meningkatkan skala UMKM.

(eds/eds)