ADVERTISEMENT

Deretan Artis yang Mulai Melek Kripto NFT, Ada Raffi Ahmad?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 04 Jan 2022 11:42 WIB
NFT
Foto: Istimewa
Jakarta -

NFT alias non-fungible token sedang naik daun. Sederhananya, aset kripto tersebut mengubah karya seni digital dan barang koleksi lainnya menjadi aset yang dapat diverifikasi yang mudah diperdagangkan di blockchain.

Para artis, musisi, influencer, dan profesi sejenis pun melirik NFT, mengingat mereka bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar jika berhasil menjual karyanya lewat NFT.

Siapa saja seniman di Indonesia yang mulai melirik NFT?

1. Bumilangit

Bumilangit resmi meluncurkan karya seni digital berbasis teknologi blockchain, NFT melalui karakter Gundala dan Sri Asih pada Desember 2021.

Dalam unggahan di Instagram @gundalaofc pada 21 Desember 2021, disebutkan karya NFT Bumilangit ini berbentuk video/GIF/image dari masing-masing superhero. Hak milik tiap unit NFT ini akan dimiliki oleh satu pembeli saja.

"NFT sekarang jadi sebuah barang koleksi digital sekaligus asset yang bisa diperdagangkan. Buat kamu yang sudah punya asset crypto berupa Etherium bisa membeli NFT Bumilangit di https://opensea.io/BumilangitDigital," tulis akun Instagram @gundalaofc dikutip detikcom Selasa (4/1/2022).

2. Anang Hermansyah

Anang Hermansyah pun diketahui tertarik untuk menjual karyanya melalui NFT. Bahkan Anang sudah menyiapkan beberapa benda personal yang akan diperjualbelikan terkait dengan kisah hidupnya bersama Ashanty hingga kelahiran sang cucu pertama dari Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar.

"Segala yang menjadi kenangan keluarga kita akan masuk ke NFT. Mulai pertemuan dengan Ashanty sampai lahirnya nanti cucu pertama kita," tuturnya saat dihubungi detikcom pada Kamis (18/11/2021).

Anang Hermasnyah pun mengakui jika dirinya diperkenalkan dengan NFT melalui CEO IDM Co-Op MC Basyar. Ia mengatakan jika awalnya mereka tertarik untuk bekerjasama dengan Anang Hermansyah terkait kripto dan pembuatan token game lokal.

3. Syahrini

Penyanyi Syahrini kini punya kesibukan baru, yakni jualan NFT. Karya seni digital pertamanya itu bahkan telah terjual hanya dalam beberapa jam setelah dirilis pada 14 Desember 2021 melalui Binance.

"Saya ingin berterima kasih atas dukungan semuanya dan bergabung dengan saya dalam My Metaverse, NFT pertama saya kini sudah terjual hanya dalam beberapa jam setelah dirilis," tulis Syahrini dalam bahasa Inggris di akun Instagramnya, dikutip detikcom.

4. Luna Maya

Binance dalam peluncuran Binance NFT Marketplace Juni lalu menggandeng Luna Maya. Luna Maya adalah seorang aktris, model dan penyanyi yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Luna Maya, Binance ingin menunjukkan bahwa NFT tidak terbatas di seni gambar saja tapi juga mencakup berbagai media lain seperti musik, dan video.

Saksikan juga: Gara-gara NFT Ghozali

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT