Terkuak! Mobil Tesla Bisa Nambang Bitcoin Cs, Ongkos Lebih Murah

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 12:23 WIB
VANCOUVER, BC - OCTOBER 29: Gabriel Scheare uses the worlds first bitcoin ATM on October 29, 2013 at Waves Coffee House in Vancouver, British Columbia. Scheare said he just felt like being part of history. The ATM, named Robocoin, allows users to buy or sell the digital currency known as bitcoins. Once only used for black market sales on the internet, bitcoins are starting to be accepted at a growing number of businesses. (Photo by David Ryder/Getty Images)
Ilustrasi/Foto: Getty Images
Jakarta -

Menambang adalah salah satu cara penggila cryptocurrency atau uang kripto untuk mendapatkan token. Cara ini cukup digandrungi, meskipun dibutuhkan proses dan serangkaian perangkat keras yang canggih, belum lagi dibutuhkan sumber energi listrik yang tinggi.

Intinya untuk melakukan penambangan aset kripto dibutuhkan biaya yang sangat besar. Namun baru-baru ini para penambang bitcoin dan ethereum telah menemukan cara baru untuk meminimalisir biaya listrik saat melakukan penambangan.

Cara baru itu dilakukan dengan cara menghubungkan MacBook-nya ke Tesla Model 3 2018. Hal itu dilakukan oleh salah satu penambang yang bernama Siraj Raval. Dia mengklaim bisa mendapatkan US$ 800 selama puncak ledakan kripto awal tahun lalu.

Seperti dilansir CNBC, Raval menghubungkan serangkaian GPU ke "funk" Tesla-nya. Baterai besar mobil pada dasarnya bertindak sebagai sumber tenaga yang secara komparatif dapat membantu mengurangi biaya perawatan. Namun, mengutak-atik mobil Tesla mempengaruhi garansi mobil itu tentunya. Tapi menurut Raval risiko itu sepadan dengan hasilnya.

"Ini adalah komputer dengan roda, Sangat mudah untuk meretas ke dalam mobil komputer ini," kata Raval.

Dia tampaknya telah menghubungkan lima GPU ke baterai Tesla-nya yang membantunya menambang Ethereum crypto menggunakan Algoritme. Dia juga menggunakan Apple Mac Mini dengan chipset M1 dan soket listrik 12 volt yang terletak di konsol tengah mobilnya.

Mobil Tesla Raval memiliki fitur sekitar 320 mil (514 km) per pengisian daya, dan pengisian daya memakan waktu sekitar US$ 15. Pengeluaran bulanannya untuk pengisian mencapai US$ 40. Biaya itu disebut lebih murah dari tagihan listrik biasa saat melakukan penambangan. Namun, mobil Tesla sendiri tidak murah dan dapat berharga hingga US$ 100.000.

Selain itu, Raval menggunakan GPU bekas yang dibeli di eBay untuk menghemat biaya pemasangan.

(das/eds)