ADVERTISEMENT

Pengertian NFT, Cara Buat, Jual dan Belinya

Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 10:36 WIB
Galeri NFT Dibuka di Bali dari Superlative Secret Society
Galeri NFT di Bali/Foto: Sui Suadnyana/detikcom
Jakarta -

Sekarang ini kehadiran NFT alias non-fungible token sudah semakin populer di kalangan masyarakat global. Bahkan sejumlah artis Tanah Air diketahui sudah mulai melirik dan memanfaat NFT.

Lalu apa itu NFT?

Secara umum, NFT adalah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain. Dengan kata lain, sebenarnya NFT itu sendiri nggak jauh beda dengan beberapa aset mata uang kripto. Hanya saja NFT nggak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.

Sejauh ini NFT banyak digunakan untuk mewakili sebuah barang, kebanyakan adalah karya seni di forum digital. Bisa dibilang NFT adalah sebuah sertifikasi kepemilikan sebuah barang.

Paling umum, saat ini NFT memang digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital. Yang dibeli di sini adalah NFT-nya, sebagai tanda kepemilikan suatu karya seni.

Mungkin bagi sebagian orang kelihatannya sederhana, namun banyak orang rela menghabiskan uang untuk memiliki gambar digital versi NFT lho.

Misalnya, tweet pertama pendiri Twitter, Jack Dorsey ditawar US$ 2,5 juta atau setara Rp 358,68 miliar (kurs Rp 14.347/US$), klip video slam dunk LeBron James terjual lebih dari US$ 200.000 atau Rp 2,87 miliar, dan GIF 'Nyan Cat' yang berusia satu dekade dijual seharga US$ 600.000 atau Rp 8,60 miliar.

Bahkan di tanah air sendiri, sudah ada deretan artis, musisi, hingga influenser dan sejumlah profesi sejenis pun mulai melirik NFT. Sebut saja Bumilangit, Anang Hermansyah, Syahrini, hingga Luna Maya mulai memanfaatkan teknologi blockchain yang satu ini.

Selain karya seni, masih banyak bentuk NFT lainnya yang bisa diperjualbelikan. Bentuknya bisa berbeda-beda sesuai dengan barang apa yang mau disematkan NFT-nya, bisa barang koleksi atau bahkan objek fisik.

Karena setiap transaksi blockchain dicatat secara permanen dan publik, NFT menyediakan cara untuk memberikan nilai pada objek secara online oleh pemiliknya. Misalnya, seniman menyematkan NFT pada karyanya, dia bisa mematok harga untuk setiap NFT yang dijual belikan. Masih belum paham apa itu NFT?

NFT biasanya digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital dan dapat berbentuk GIF, tweet, kartu perdagangan virtual, gambar objek fisik, skin video game, real estat virtual, kartu Pokémon, koin langka, sepasang sepatu Jordan edisi terbatas, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara jual dan beli NFT? Baca di halaman berikutnya



Simak Video "Cegah Pembajakan NFT, OpenSea Luncurkan Tameng Baru"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT