3 Poin Penting yang Perlu Kamu Tahu soal NFT

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 07:00 WIB
NFT Terunik
Foto: queue-it
Jakarta -

Non fungible token alias NFT saat ini lagi booming. Apalagi gara-gara Ghozali yang bisa menjual foto selfienya hingga miliaran rupiah.

Sebelum masuk dan memanfaatkan NFT, cek dulu nih 3 poin penting soal NFT:

Buat Karya Seni Digital

Paling umum, saat ini NFT memang digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital. Yang dibeli di sini adalah NFT-nya, sebagai tanda kepemilikan suatu karya seni.

Mungkin bagi sebagian orang kelihatannya sederhana, namun banyak orang rela menghabiskan uang untuk memiliki gambar digital versi NFT lho.

NFT Paling Mahal Tembus Rp 1,3 Triliun

Ada NFT bernama The Merge. NFT ini dimiliki oleh Pak dan terjual US$ 91,8 juta atau sekitar Rp 1,31 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.300.

Selain The Merge ada juga Everydays yang terjual dengan harga US$ 69 juta atau sebesar Rp 986,7 miliar. NFT ini juga lebih dikenal dengan Beeple yang dibuat oleh seniman digital Mike Winkelmann.

NFT Termahal/Business InsiderNFT Termahal/Business Insider Foto: NFT Termahal/Business Insider

Beeple ini merupakan kolase gambar yang dibuat selama 13 tahun. Winkelmann mulai mengerjakan ini sejak 2007 lalu dan selesai pada 2020.

Daftar Pasar NFT

Selain marketplace OpenSea, ternyata masih ada banyak marketplace lain yang juga melayani transaksi NFT loh. Bakhan saat ini sudah ada sejumlah marketplace NFT milik Indonesia dan juga dikembangkan oleh putra-putri bangsa alias made in Indonesia.

Ada juga Enevti, Baliola, Paras.id, TokoMall dan Kolektibel. Axie Infinity, SuperRare, Rarible dan NBA Top Shot serta Nifty Gateway dan Mintable.



Simak Video "Ssstt.. Ini Rahasia Biar NFT Laku Keras di Pasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)