ADVERTISEMENT

Orang-orang Ini Mendadak Kaya dari NFT, Pemasukannya Bikin Melongo!

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 13:54 WIB
NFT
NFT/Foto: Istimewa
Jakarta -

Belakangan NFT atau non-fungible makin tenar di Indonesia. Apa lagi setelah viral sosok remaja bernama Ghozali Everyday yang menjual foto selfienya dijadikan NFT hingga nilainya miliaran rupiah.

Melihat hal tersebut, tampaknya NFT memang menjanjikan untuk menciptakan pundi-pundi uang.

Berikut ini, daftar orang yang kaya setelah melakukan jual beli NFT:

1. Ghozali Everyday

Ghozali merupakan pemuda asal Solo yang menjual fotonya dalam bentuk NFT. Harga satu fotonya dijual dengan harga 0,001 ETH kisarannya Rp 48 ribu. Sementara total foto yang dijual sebanyak 933 foto. Tak diduga yang sudah terjual sebanyak 230 NFT. Ghozali pun merasa tidak menyangka akan hal tersebut.

Koleksi NFT Ghozali Everyday termurah dijual seharga 0,28 ETH atau kisaran Rp 13,5 juta. Dengan total 933 koleksi, maka bisnis NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.

"Itu nilai dari keseluruhan yang beli itu ada yang bilang sampe Rp 12 miliar. Tapi misal ada yang beli Rp 20 juta saya dapat 10% begitu terus. Pendapatan total sekitar Rp 1,5 miliar," ujar Ghozali.

2. Lana Denina

Pria yang bekerja sebagai pelukis, Lana Denina asal Kanada telah meraup US$ 300.000 atau setara Rp 4,2 miliar (kurs Rp 14.300) dari menjual lukisannya yang dijadikan sebagai NFT. Tak disangka, pendapatan tersebut didapat hanya dalam waktu sebulan saja.

Mengutip dari CNBC, Jumat (14/1/2022) Awalnya, Denina tertarik dengan NFT karena teknologi itu bisa memperkuat bukti kepemilikan sebuah karya seni. Bahkan ia mengaku tidak mengerti mengenai apa itu NFT.

Saat ini koleksi yang dijual Denni edisi lukisan yang dinamakan Mona Lana, mencakup 500 potret unik wanita. Ia menyebut lukisannya wakili gambaran orang kulit hitam serta budayanya.

Dengan teknologi NFT, menurutnya galeri yang biasa dilakukan secara offline merupakan cara lama untuk menjual karya seni. Saat ini NFT menjadi salah satu pilihan untuk menjual karya seni, khususnya untuk seniman.

3. Victor Langlois

Anak muda berusia 18 tahun bernama Victor Langlois telah mendapatkan US$ 18 juta atau setara Rp 257,4 miliar dari menjual karya seni di NFT. Langlois menjual karya seni bernama Jaiden Stipp, sebuah mural digital. Langlois sendiri kaget dengan hasil penjualan tersebut.

Ia bercerita bagaimana dia menjual karya Jaiden Stipp, pertama dia mengajukan permohonan di pasar jual beli NFT, seperti SuperRare. Katanya, butuh waktu satu bulan karya Jaiden Stipp diterima oleh SuperRare. Demikian dikutip dari Times.

Kemudian, daftarkan akun dompet digital agar mendapatkan uang hasil penjualan. Misalnya dompet digital seperti PayPal atau dompet bitcoin. Setelah itu, tunggu beberapa orang yang akan menawarkan atau membeli karya seni yang sudah diunggah.

4. Daniel Maegaard

Daniel Maegaard asal Australia merupakan pria yang sudah banyak berinvestasi di uang digital, seperti bitcoin. Kemudian, ada 2021 ia merambah investasinya ke NFT.

Awalnya Maegaard hanya membeli karya di NFT, sebanyak 22 karya dibeli dan telah menghabiskan uangnya sebanyak US$ 1,5 juta. Kemudian, NFT yang dibelinya itu dia jual kembali, harganya mulai dari US$ 800 ribu hingga US$ 1 juta.

Melansir dari Somag News, dengan menjual NFT, kala itu Maegaard berhasil meraup pendapatan hingga US$ 12 juta atau setara Rp 171,6 miliar.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT