Bukan Cuma Parkir, Becak Hingga Angkot Juga Ada yang Pakai QRIS!

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 30 Jan 2022 18:02 WIB
QRIS
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Media sosial dihebohkan dengan adanya foto yang menunjukkan seorang juru parkir yang menerima pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Ternyata sudah banyak transaksi unik yang menggunakan QRIS.

Asisten Gubernur yang juga Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Filianingsih Hendarta menjelaskan, beberapa transaksi unik yang menggunakan QRIS di beberapa daerah. Seperti becak motor di Sibolga, angkot di Manado, becak di Tuban hingga voting pemilihan Putri Indonesia.

"Beberapa use case yang juga unik adalah penggunaan QRIS pada becak motor di Sibolga, angkot di Manado, becak di Tuban, voting pemilihan Putri Indonesia," terangnya kepada detikcom, Minggu (30/1/2022).

Tak hanya itu, sinetron fenomenal Ikan Cinta ternyata juga sudah mengadopsi QRIS untuk pembelian kalung.

"Benar, akseptasi QRIS sudah masuk ke segala sektor mulai dari perdagangan, ritel, perparkiran, transportasi, pendidikan, tempat ibadah, donasi sosial, elektronifikasi pemerintah dan pemda, pajak, tempat pariwisata, dan lain-lain," terangnya.

Filianingsih menjelaskan, hingga 21 Januari 2022 QRIS telah digunakan oleh 14,9 merchant. Hal ini didukung pula oleh penyelenggara QRIS yang saat ini sudah mencapai 73 penyedia jasa pembayaran.

"Akseptasi ini diakselerasi oleh digitalisasi yang menjadi salah solusi dimasa pandemi, dimana QRIS merupakan pembayaran nirsentuh yang sangat cocok di masa pandemi COVID-19," tambahnya.

(das/dna)