Trading Binary Option: dari Heboh Afiliator Hingga Aplikasi Rasa Judi

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 31 Jan 2022 17:11 WIB
binomo
Foto: Angga Aliya ZRF/detikcom
Jakarta -

dariMasih banyak dari masyarakat Indonesia yang belum sadar bahwa broker binary option seperti Binomo dan kawan-kawannya mirip perjudian. Mereka menganggap broker-broker itu tempat trading bahkan investasi.

Mirip Judi

Melansir Investopedia, binary option atau opsi biner sendiri merupakan sistem trading yang sangat sederhana, pengguna hanya cukup memilih antara 'naik atau turun'. Itu lah mengapa sistem ini diberi nama biner atau binari yang menurut KBBI artinya terjadi dari atau ditandai oleh dua benda atau dua bagian, serba dua.

Nah keberhasilan dari trading di binary option sangat bergantung pada tebakan di antara dua pilihan tersebut. Misalnya kita menebak harga suatu aset investasi akan naik dalam waktu 1 menit. Jika kita memilihnya di harga Rp 100, lalu 1 menit kemudian harga di level Rp 110, maka kita langsung dapat profit.

Namun jika salah maka modal kita yang ditempatkan akan hangus. Jadi seperti di meja judi. Saat memasang taruhan kita harus tempatkan uang kita di meja, jika benar kita modal itu bisa kita tarik kembali beserta uang kemenangannya. Jika kalah ya modal itu ditarik bandar.

Memang kata trading sangat bertentangan dengan prinsip investasi dalam pasar aset mana pun. Namun antara trading di pasar modal misalnya dengan binary option berbeda.

Di pasar saham, trader memiliki kuasa penuh untuk menentukan kapan membeli, menahan seberapa lama, hingga kapan harus di jual. Keuntungan mereka juga tergantung dari pertumbuhan nilai saham dari saat dia beli hingga saat dia jual.

Tentu berbeda dengan di binary option yang hanya menebak pergerakan harga aset dalam waktu singkat apakah naik atau turun. Trader di binary option bisa menang walaupun harganya turun, jika menebak harganya turun. Mirip sekali dengan judi.

Baca di halaman berikutnya soal kehebohan afiliator.