Dua Orang Ini Jadi Sultan Berkat NFT

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Kamis, 03 Feb 2022 20:30 WIB
Ilustrasi NFT non fungible token
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawf8
Jakarta -

Kemampuan Non-Fungible Tokens (NFT) dalam menghasilkan pundi-pundi uang memang tidak main-main. Tidak hanya bisa menciptakan Miliuner, NFT Bisa menciptakan triliuner.

Orang itu adalah pendiri startup blockchain OpenSea, Devin Finzer dan Alex Atallah.

Dikutip dari Forbes, Kamis (03/02/2022), mereka telah bergabung dengan sebuah klub setelah adanya putaran pendanaan baru yang membuat nilai perusahaan menjadi sebesar 13,3 miliar dolar AS, naik dari 1,5 miliar dolar AS pada enam bulan yang lalu.

Dengan perkiraan 18,5 persen saham di OpenSea, kekayaan mereka masing-masing bernilai sekitar 2,2 miliar dolar AS atau setara Rp31,609 triliun (kurs Rp14.368 per dolar AS), menurut perkiraan Forbes. (Forbes menerapkan diskon pada nilai perusahaan swasta karena likuiditas terbatas).

Sepak terjang Finzer dan Atallah memang tidak sembarangan. CEO Finzer dibesarkan di Bay Area, belajar di Brown University dan bekerja sebagai insinyur perangkat lunak di Pinterest.

Pada 2015, ia mendirikan perusahaan rintisan pertamanya, sebuah mesin pencari bernama Claimdog, sebelum menjualnya ke Credit Karma setahun kemudian dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Sementara Atallah, yang merupakan Chief Technology Officer kelahiran Colorado, terbukti menjadi ahli spreadsheet sejak usia muda. Saat menjadi mahasiswa di Stanford, dia bekerja di Palantir, menurut profil LinkedIn-nya, dan setelah lulus bekerja di startup Silicon Valley, Zugata, dan Whatsgoodly.

Pada Januari 2018, keduanya bekerja sama untuk akselerator startup Y Combinator dengan ide untuk membayar pengguna kripto untuk membagikan hotspot Wi-Fi mereka. Tetapi CryptoKitties -kucing virtual kartun yang merupakan salah satu contoh NFT paling awal- menangkap imajinasi mereka. Finzer dan Atallah dengan cepat berputar untuk meluncurkan OpenSea dan pindah ke New York.

Menurut data dari PitchBook, sejak awal, OpenSea telah mengumpulkan lebih dari 420 juta dolar AS dari investor. Pengumpulan dana seri C senilai USD300 juta yang diumumkan Selasa dipimpin oleh perusahaan modal ventura Paradigm and Coatue.

Bersambung ke halaman selanjutnya.