Merah Putih Fund, Sumber Modal Baru Startup RI buat Jadi Unicorn

ADVERTISEMENT

Merah Putih Fund, Sumber Modal Baru Startup RI buat Jadi Unicorn

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 10 Feb 2022 07:31 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Tumpukan uang/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Dominasi modal asing masih terjadi pada permodalan perusahaan rintisan di Indonesia. Namun, kini pemerintah mempersiapkan senjata melawan dominasi itu.

Kini perusahaan startup yang mau memiliki gelar unicorn bakal didanai langsung dari sumber dalam negeri. Hal itu akan dilakukan lewat Merah Putih Fund.

Merah Putih Fund adalah lembaga pendanaan gabungan BUMN yang bakal menyuntik dana untuk perusahaan startup soonicorn alias yang menuju unicorn.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan dana sebesar US$ 300 juta atau mencapai Rp 4,29 triliun akan disiapkan oleh Merah Putih Fund untuk mendanai startup lokal jadi unicorn.

"Dana ini akan diluncurkan, jumlahnya mencapai sekitar US$ 300 juta," ungkap pria yang akrab disapa Tiko dalam acara Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2/2022).

Tiko menyatakan Merah Putih Fund akan membuat para perusahaan startup mengurangi pendanaan dari modal asing dan tetap berada di Indonesia. Merah Putih Fund juga bakal mengawal unicorn di Indonesia untuk melantai di bursa efek.

"Kami akan luncurkan Merah Putih Fund, lembaga ini akan ditujukan untuk soonicorn atau startup yang bergerak jadi unicorn. Mereka akan tetap berada di Indonesia dan kami juga akan dukung mereka jadi listed di Bursa Efek Indonesia," papar Tiko.

Merah Putih Fund diharapkan mampu menambah jumlah startup unicorn, bahkan decacorn di Indonesia. "Dengan kolaborasi ini kami perkuat dan pastikan perusahaan startup memiliki dana domestik dan membangun lebih banyak startup unicorn dan decacorn," ujarnya.

Lalu apa saja syarat bila startup mau didanai Merah Putih Fund? Baca halaman berikutnya



Simak Video "Mitos dan Fakta Seputar Startup"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT