OctaFX Ilegal, Ini Daftar Influencer yang Promosiin: Boy William Sampai Deddy Corbuzier

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 23 Feb 2022 10:21 WIB
Infografis ciri-ciri investasi bodong
Foto: Infografis/Luthfy Syahban
Jakarta -

Broker OctaFX disebut ilegal oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) karena tak memiliki izin di Indonesia.

Namun banyak influencer dan youtuber yang mempromosikan broker online ini. Bappebti juga menyebut jika OctaFX sudah diblokir karena beroperasi secara ilegal.

Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti Aldison Karorundak meminta agar artis atau influencer yang terlibat bisa menghentikan kegiatan promosi.

"OctaFX adalah broker luar negeri yang tak punya izin, Bappebti sudah memblokir. Masalahnya klasik selalu muncul dan kami terus mengawasi," jelas dia.

Ada beberapa influencer dan youtuber tenar yang ikut-ikutan mempromosikan OctaFX ini. Berikut daftarnya:

Boy William

Youtuber Boy William ini juga pernah mempromosikan OctaFX pada akun youtubenya. Dalam sebuah videonya terlihat logo OctaFX di sisi kiri atas dan logo BW di sisi kanan atas.

Masih dalam video itu, Boy juga mengajak penontonnya untuk mendownload aplikasi OctaFX Trading App. Dalam kotak deskripsi Boy juga mencantumkan tautan untuk download dan bergabung di OctaFX.

Deddy Corbuzier

Deddy juga pernah mempromosikan OctaFX. Video yang diunggah 4 Mei 2020 itu membahas terkait broker OctaFX.

Dalam video itu Duta trading Forex Daryl Yahya mengungkapkan jika OctaFX memang tidak terdaftar di Bappebti. "Mereka tidak teregulasi dengan yang di indonesia bappebti, bukan berarti itu jelek. Mereka regulasi di negara mereka," ujar dia.

Siapa lagi? Lihat di halaman berikutnya.



Simak Video "Hana Hanifah Bantah Minta Bayaran saat Tampil di Podcast Deddy Corbuzier"
[Gambas:Video 20detik]