OVO-Gopay Dapat Saingan Baru, Namanya airasia Money

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 01 Mar 2022 15:53 WIB
Seragam Pramugari AirAsia
Foto: dok. AirAsia Filipina
Jakarta -

Industri keuangan digital atau Fintech di tanah air semakin berkembang. Pemain besar seperti OVO dan Gopay kini mendapat saingan baru. Salah satunya datang dari AirAsia yang kini merambah produk teknologi finansial (financial technology/fintech) di Indonesia. Lewat airasia Money, perusahaan maskapai penerbangan ini semakin memperluas layanan digitalnya di Asean.

airasia Money merupakan marketplace untuk kartu kredit, pinjaman, asuransi dan investasi. Layanan ini juga memfasilitasi solusi pembayaran mulai dari pengiriman uang ke luar negeri, pembayaran tagihan dan donasi.

"Intinya kenapa kita masuk ke ranah fintech sebenarnya teraspirasi oleh data, dimana data ini dikeluarkan tahun lalu ada peluang di Asean tahun 2025, bukan cuma opportunity tapi itu di-value sebanyak US$ 360 miliar of internet economy," kata Head of Airasia Money, Nadia Hasanuddin dalam konferensi pers virtual, Senin (1/3/2022).

Pihaknya memperluas bisnisnya ke fintech juga berkaca pada basis data pengguna AirAsia Super App, di mana pengguna yang mendominasi adalah generasi muda, dengan rentang usia 25 sampai 35 yang paling banyak.

"Sasaran yang sangat tepat untuk bisa kita berikan edukasi, kita berikan financial services yang cocok, yang tepat dengan dibantu data supaya kami bisa memberikan layanan yang lebih baik untuk support biaya travel mereka, atau memproteksi perjalanan travel mereka. Jadi berdasarkan aspirasi tersebut lah airasia money lahir," jelasnya.

Nadia menjelaskan produk fintech yang mereka luncurkan yakni layanan pembayaran, pinjaman, asuransi, investasi, dan pengiriman uang.

"Airasia money itu juga mirroring dari pada industri-industri financial yang akan berkontribusi terhadap US$ 360 miliar internet economy ini. Jadi paymet atau pembayaran, pinjaman which is loan, asuransi, investasi, dan juga pengiriman uang. Jadi lima lini bisnis ini yang akan kami fokuskan di airasia money dan tentunya akan lebih luas lagi secara bertahap yang akan kita bangun di airasia money," tambahnya.

(toy/dna)