ADVERTISEMENT

Pengertian Trading Saham & Tips Menerapkannya agar Berhasil

Sponsored - detikFinance
Jumat, 04 Mar 2022 16:15 WIB
Ilustrasi Trading
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Dahulu, trading saham menjadi hal langka karena hanya digunakan di ruang lingkup orang yang bekerja di institusi keuangan maupun perusahaan sekuritas. Namun, perkembangan teknologi membuat trading saham bisa dilakukan semua orang.

Masyarakat bisa menjadikan aplikasi trading saham sebagai peluang melakukan transaksi jual beli surat berharga. Bahkan aplikasi tersebut cocok untuk pemula yang menginginkan terjun ke dunia trading saham.

Pengertian Trading Saham

Sejatinya, trading saham adalah transaksi jual beli saham jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan besar. Untuk melakukannya, Anda harus memahami berbagai hal mengenai trading saham sehingga mendapat keuntungan, salah satunya mengenai analisis teknikal.

Analisis teknikal adalah jenis strategi yang mampu mempelajari pergerakan harga dan volume perdagangan saham setiap hari. Pastinya, trading saham dilakukan dengan memanfaatkan momentum fluktuasi harga saham. Jika masih pemula, pelajari dan bergabung dengan pecinta trading saham sehingga bisa memperoleh keuntungan.

Tips Melakukan Trading Saham

Setelah memahami pengertian trading saham, pemula harus memahami tips melakukan trading. Jangan sampai salah karena memicu pengaruh di kemudian hari. Berikut ada cara melakukan trading yang bisa dilakukan.

1. Mengenali Profil Risiko

Sebelum melakukan trading saham, pastikan Anda mengenali profil risiko mengenai besarnya kerugian yang Anda dapat saat gagal trading. Tips tersebut membuat Anda berpikir kritis dan teliti dalam menekuni trading saham sehingga portofolio Anda tidak mengalami minus.

Untuk meminimalisir kerugian, mulailah melakukan trading dengan modal kecil. Jangan tergiur dengan bujukan orang lain atau senior yang ahli dalam trading karena bisa berdampak buruk di kemudian hari. Walaupun modal kecil tetapi seiring berjalannya waktu bisa bertambah setelah Anda memahami pergerakan harga di pasar saham.

2. Menentukan Periode Trading

Tips selanjutnya adalah menentukan periode trading agar kesempatan mendapat keuntungan lebih besar. Cara tersebut bisa dijadikan pertimbangan saham apa yang akan dibeli berdasarkan pertimbangan data historis dari harga saham. Jika Anda masih bingung, diskusikan dengan sanak saudara maupun orang kepercayaan untuk menentukan periode trading.

3. Memilih Sekuritas

Sekuritas menjadi hal krusial dan wajib diperhatikan agar tak gagal trading. Pastikan Anda memilih sekuritas yang tepat sehingga keuntungan bisa diperoleh. Alasannya karena sekuritas memiliki biaya broker yang dibebankan pada Anda setiap Anda melakukan jual beli saham.

Disarankan Anda memilih sekuritas yang mematok biaya transaksi murah sehingga tidak menjadi beban finansial Anda. Kebutuhan tak akan terganggu walaupun Anda melakukan trading saham.

4. Menyisihkan Dana Secara Berkala

Jika ingin menekuni trading saham, Anda harus pandai mengatur keuangan. Buatlah manajemen keuangan baik sehingga dana investasi akan baik. Sisihkan dana untuk memenuhi kebutuhan pokok, dana darurat, dan dana asuransi. Dengan begitu dana untuk trading saham tetap lancar tanpa mengganggu dana kebutuhan lain.

5. Menyiapkan Waktu

Walaupun dana mencukupi, tanpa waktu yang tepat akan sia-sia. Waktu menjadi perhatian utama untuk trader sebelum memulai trading saham. Oleh sebab itu, sisihkan waktu Anda saat trading hours untuk mendapatkan berbagai kesempatan baik melakukan jual beli dan keuntungan Anda bisa maksimal.

Perlu diingat, untuk Indonesia terdapat waktu potensial mengenai perdagangan saham yang dibagi menjadi 2 sesi, yaitu hari Senin sampai Jumat, untuk sesi 1 pukul 09.00-11.30 WIB dan sesi kedua pukul 13.30-1450 WIB. Pilihlah waktu tersebut sesuai waktu luang Anda untuk mendapatkan keuntungan berlipat-lipat.

6. Menghindari Saham Aneh

Peminat trading saham semakin meningkat signifikan sehingga banyak orang tak bertanggung jawab yang memanfaatkan keadaan. Untuk itulah Anda harus menghindari saham aneh atau saham yang menawarkan keuntungan besar tetapi harganya rendah.

Saham jenis itu sering membuat trader menyesal karena tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan. Banyak trader pemula menjadi korban karena bermimpi mendapat keuntungan besar walaupun harganya rendah.

Jadilah trader yang profesional dan bekerja giat karena tak ada ceritanya seorang trader menjadi jutawan dalam satu malam. Abaikan jika mendapat bujukan atau pesan mengenai saham aneh atau saham yang berbentuk menyerupai judi. Lebih baik bersikap realistis dan bijak memilih saham yang dibeli.

7. Tetap Percaya Diri

Seorang trader harus memiliki kepercayaan diri tinggi dan bersikap realistis untuk memaksimalkan keuntungan. Jangan malu menjalin interaksi dengan sesama trader, khususnya trader senior untuk mendapatkan saran dan motivasi sukses menekuni dunia trading saham.

Saat saham jual beli Anda memiliki penurunan, jangan putus asa karena trader senior pun terkadang mengalami minus. Intinya, tanamkan kepercayaan diri tinggi dan tetap realistis untuk membentengi diri terhadap dua kemungkinan yang ada.

8. Tidak Membeli Saham Saat Harga Turun

Tips ini sering diabaikan karena kebanyakan investor membeli saham saat harga turun sehingga budget tak terlalu besar. Alasannya karena saham pasti bisa naik dan bisa memperoleh banyak keuntungan, padahal cara tersebut salah. Walaupun teknik tersebut dipilih sebagian investor, tapi tak bisa dijadikan patokan karena tak mengetahui apakah saham yang dibeli akan naik atau selalu anjlok.

9. Mengetahui Berbagai Jenis Saham

Mengetahui jenis saham adalah kewajiban seorang trader untuk menghasilkan keuntungan. Sejatinya, ada saham dengan nilai return tinggi dan ada saham yang minim risiko.

Perlu diingat, saham consumer goods atau perbankan adalah pilihan yang tepat untuk memulai trading saham. Sebab, kedua jenis saham tersebut nilainya stabil sehingga cocok digunakan dan kesempatan mendapatkan keuntungan semakin besar. Dua saham tersebut bisa memiliki risiko saat ada masalah perekonomian negara dan berdampak pada saham.

Memulai trading saham harus diperhatikan dengan seksama agar berhasil. Jika masih bingung mengenai trading, Anda bisa mencari wawasan di berbagai sumber dan menjalin hubungan baik dengan trader. Selain itu, Anda bisa menambah wawasan di https://sickforprofit.com mengenai trading saham.

(Content Promotion/SickForProfit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT