ADVERTISEMENT

Pesan Penting Buat Influencer yang Promosi Aplikasi Trading

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 06 Mar 2022 05:59 WIB
pinjam online
Ilustrasi Influencer Promo Aplikasi Keuangan (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Bappebti dan Satgas Waspada Investasi telah mengimbau kepada para influencer untuk tidak mempromosikan lagi broker ilegal dan binary option.

Hal ini karena bisa merugikan masyarakat yang tidak memahami hal tersebut. Selain itu Bappebti juga telah memanggil beberapa influencer terkait promosi broker ilegal OctaFX.

Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti, Aldison mengungkapkan jika influencer harus berhati-hati ketika menerima tawaran iklan.

"Di Indonesia ada hukum yang mengatur terkait kegiatan berjangka komoditi seperti Forex, jadi jangan sembarangan kalau mempromosikan," kata Aldison.

Misalnya seperti OctaFX adalah pialang yang tak memiliki izin di Bappebti, karena itu operasional mereka ilegal di Indonesia.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan jika satgas juga telah meminta para influencer untuk tidak memfasilitasi kegiatan broker ilegal ini. Influencer harus bisa membedakan mana yang legal dan ilegal.

"Kami minta semua agar menghentikan promosi kegiatan broker ilegal," jelas dia.

Tongam mengungkap pihaknya tidak melihat binary option merupakan tempat investasi atau perdagangan aset. Menurutnya, binary option ini cenderung dengan kegiatan perjudian.

"Tidak ada barang yang diperdagangkan dan bukan merupakan investasi. Binary Option ini tebak-tebakan suatu aset tertentu naik atau turun pada periode tertentu, ini cenderung pada perjudian," ucapnya.

Bimo Putra Dwitya Dipanggil Bappebti

Bimo Putra Dwitya atau bimopd yang memiliki akun Youtube pickypicksid. Dalam Instastorynya dia menyampaikan jika dirinya telah memenuhi panggilan dari Bappebti.

"Halo teman-teman, menjawab pertanyaan yang belakangan ini lagi heboh, jadi hari ini gue sudah memenuhi panggilan dari Bappebti terkait platform investasi," tulis dia

Aldison membenarkan pemanggilan tersebut. "Bimo sudah dipanggil itu benar, sesuai dengan yang dipublish di Instastory dia, dari OctaFX," kata dia.

Menurut Aldison ada beberapa orang lagi yang dipanggil dan dimintai keterangan. Namun dia belum bisa membeberkan siapa saja orang-orang tersebut.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan Satgas akan melakukan pemanggilan terhadap affiliator, influencer atau endorser untuk tidak memfasilitasi kegiatan broker ilegal melalui media sosial.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT