ADVERTISEMENT

Proyek Food Estate di Sumut Jalan? Ini Penjelasan PUPR

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Jumat, 11 Mar 2022 11:06 WIB
Petani di Food Estate Humbang Hasundutan
Foto: Dok. Kementan: Kawasan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara,
Jakarta -

Pemerintah menggelar proyek food estate alias lumbung pangan. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan program ini menjadi bentuk solusi dalam menghadapi tantangan krisis pangan dan bisa membantu pemulihan ekonomi Indonesia.

"Food estate merupakan arahan Presiden Joko Widodo sebagai prioritas untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia," ujar Basuki.

Salah satunya adalah pengembangan food estate seluas 1.000 hektar dan pembangunan jaringan irigasi tetes seluas 200 hektar di Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH), Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut).

Dalam pembangunan jaringan irigasi tersebut, PUPR sudah menyelesaikan pembangunan jaringan perpipaan diantaranya adalah perpipaan Blok 2A sepanjang 12 km dengan anggaran mencapai Rp 40,2 miliar dan perpipaan Blok 2 B1 sepanjang 3,5 km dengan anggaran mencapai Rp 9,6 miliar.

Untuk bidang konektivitasnya, PUPR juga telah menyelesaikan jalan akses ke kawasan food estate yang sepanjang 8,6 km dengan biaya mencapai Rp 69,97 miliar dan jembatan yang sepanjang 25 km senilai Rp 16,04 miliar.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT