Ajaib Rilis Fitur Margin Trading dengan Promo 0% Biaya Broker & Bunga

Sponsored - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 22:07 WIB
Pixabay
Foto: Pixabay
Jakarta -

Margin trading adalah salah satu cara yang digunakan para trader maupun investor untuk meningkatkan eksposur ke dalam aset tertentu. Margin trading merupakan investasi dengan modal pinjaman yang memungkinkan investor membeli produk keuangan lebih banyak ketimbang uang yang tersedia.

Melalui fasilitas tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari dana yang dipinjamkan oleh sekuritas. Namun, Anda harus mengerti bahwa pinjaman tersebut tidak bersifat gratis. Saat nanti pinjaman sudah berada di masa jatuh tempo, maka investor wajib membayar nilai pinjaman tersebut, termasuk bunga ditetapkan.

Apabila investor mendapatkan keuntungan sebelum masa jatuh tempo, maka ia bisa melunasi pinjaman dari sekuritas secara mudah. Sebaliknya, apabila investor tersebut tidak bisa membayar pinjaman dan bunga tersebut, maka sekuritas akan secara otomatis akan melakukan likuidasi saham marjin yang ada di portofolio agar ia bisa melunasi.

Untuk Anda yang berkeinginan menjajal aktivitas jual beli saham namun terkendala modal, segala keunggulan tersebut bisa segera Anda dapatkan lewat perusahaan sekuritas Ajaib.

Ajaib Rilis Fitur Margin Trading

Salah satu perusahaan sekuritas yang memiliki layanan Margin Trading adalah Ajaib. Berdiri sejak 2018 lalu, Ajaib diminati oleh para investor saham ritel dari kalangan milenial.

Ajaib baru meluncurkan fitur transaksi Margin Trading Ajaib dengan suku bunga sebesar 14% per tahun dan proses yang 100% online. Hal ini membuat penawaran yang ada sangat menarik, ditambah dengan kemudahan dalam hal akses.

Fasilitas tersebut akan memungkinkan para trader maupun investor untuk membeli lebih banyak saham dari jumlah yang seharusnya didapat dengan dana yang tersedia. Di sisi lain, inovasi ini sekaligus membawa Ajaib menjadi platform investasi pertama yang menawarkan fitur transaksi margin yang seluruhnya dilakukan secara online.

Investor juga memungkinkan mendapatkan Buying Power Margin hingga 2x dari jaminan untuk memaksimalkan profit. Hal ini dapat diajukan 1 bulan setelah investor berhasil membuka akun Margin Trading.

Untuk membuka akun Margin Trading, Investor harus memiliki aset yang bernilai setidaknya Rp200 juta, yang terdiri dari kepemilikan Saldo RDN, saham marjin, atau kombinasi keduanya.

Fitur Margin Trading tersedia di Android dengan versi aplikasi minimum 1.0.1W, dan akan hadir untuk pengguna iOS dan Web. Anda bisa daftar margin trading Ajaib untuk menikmati semua fasilitas ini. Proses pembukaan akun Margin Trading Ajaib memakan waktu 1 hingga 3 hari kerja bursa.

Promo Margin Trading di Aplikasi Ajaib

Ajaib juga menawarkan promo Margin Trading yang nantinya tersedia ke dalam aplikasi. Promo 0% biaya broker hanya berlaku untuk transaksi saham (beli maupun jual) yang dilakukan melalui akun Margin Trading.

Promo 0% biaya broker dan bunga berlaku sampai dengan 1 Juni 2022. Perlu untuk Anda ingat, selama periode promo 0% biaya broker dan bunga, investor tetap akan dikenakan biaya transaksi dari pihak bursa (levy) dan pajak (PPN/PPh).

Mulai 2 Juni 2022, bunga 0.039% per hari atau 14% per tahun akan mulai dibebankan T+2 setelah investor membeli saham dengan fasilitas pembiayaan Margin Trading. Bunga dihitung berdasarkan nilai pinjaman investor.

Sementara itu, untuk transaksi saham (beli maupun jual) yang dilakukan melalui akun reguler akan dikenakan biaya normal dengan besaran sebagai berikut .

Nilai Transaksi Harian kurang dari Rp 150 juta (beli 0,15%, jual 0,25%), kemudian Rp 150 juta - Rp 1,5 miliar (beli 0,14%, jual 0,24%) dan lebih besar dari Rp 1,5 miliar (beli 0,13%, jual 0,23%).

Nilai tersebut sudah termasuk biaya broker (Rp 1,5 miliar 0,08%), biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%.

Anda juga tidak perlu khawatir, sebab semua transaksi saham yang difasilitasi oleh PT Ajaib Sekuritas Asia (Ajaib Sekuritas) sudah terdaftar di OJK.

(Content Promotion/Ajaib)