Kepincut Metaverse, Alibaba Tanam Modal Rp 840 M ke Produsen Kacamata AR

Tim Detikcom - detikFinance
Rabu, 30 Mar 2022 11:05 WIB
Fitur Pengenal Wajah Uighur Alibaba Tuai Kontroversi
Foto: DW (News)
Jakarta -

Alibaba kini masuk ke bisnis dunia metaverse. Baru-baru ini, raksasa ritel asal China tersebut berinvestasi sebesar US$ 60 juta (Rp 840 miliar) ke startup pembuat kacamata augmented reality Nreal.

Diketahui, teknologi AR bisa dibilang salah satu cikal bakal metaverse. Dengan menggunakan kacamata AR, gambar digital bisa tampak nyata. Kacamata ini bisa mengakses aplikasi game atau film.

Meskipun tidak ada definisi konkret, metaverse sebagian besar berkaitan dengan dunia virtual tempat orang bekerja dan bermain. AR adalah salah satu cara untuk mengaksesnya.

Nreal menyebut, investasi senilai US$ 60 juta tersebut akan digunakan untuk meningkatkan modal di penelitian dan pengembangan. Selain itu, perusahaan juga mau mempercepat ekspansi pasar tahun ini, termasuk China. Sejauh ini, Nreal telah menjual produknya di beberapa pasar termasuk Korea Selatan, Jepang, Spanyol, hingga Amerika Serikat.

Ini bukan kali pertama Nreal bikin investor besar kepincut. Pada September lalu, perusahaan juga didukung investasi US$ 100 miliar dari Nio Capital dan Sequioa Capital di China.

Dikutip dari CNBC, Rabu (30/3/2022), CEO Nreal mengatakan akan melakukan IPO dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun.

Alibaba sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan kacamata augmented reality dalam pertemuan virtual tahun ini.

Nreal juga mengatakan suntikan dana baru akan digunakan untuk memperkuat kemitraan yang ada dengan pengembang dan mitra "untuk memberikan konten dan pengalaman yang lebih luas" kepada pengguna.



Simak Video "Canggih! Petani Durian Ini Kontrol Tanamannya Lewat Laptop"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)