Apa Itu PayTren yang Lagi Bikin Heboh Yusuf Mansur?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 08 Apr 2022 13:54 WIB
Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran
Yusuf Mansur Pernah Bicara soal PayTren/Foto: Iswahyudi / 20detik
Jakarta -

PayTren sedang banyak dibicarakan sekarang ini. Gara-garanya, sebuah video yang menunjukkan Ustaz Yusuf Mansur meluapkan emosinya karena urusan Paytren hingga viral di media sosial.

Heboh soal Paytern milik Ustaz Yusuf Mansur, lalu apa itu Paytern? Simak pengertian Paytern berdasarkan rangkuman detikcom berikut ini:

PayTren Perusahaan Investasi Syariah

PT PayTren Aset Manajemen (PAM) atau PayTren adalah sebuah pasar modal syariah di Indonesia. Paytren merupakan perusahaan pengelola investasi syariah pertama di Indonesia.

PayTren didirikan sejak 24 Oktober 2017, dan sudah mengantongi surat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ustaz Yusuf Mansur adalah komisaris utama di Paytren.

Dilansir dari laman resminya paytren-am.co.id, PayTren memiliki visi menjadi pengelola investasi syariah terbaik di Indonesia, dan berkomitmen untuk dapat memberikan solusi investasi berkualitas.

PayTren Mengembangkan Produk Investasi

PayTren mengklaim pihaknya mengembangkan produk-produk investasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah, bagi kebutuhan masyarakat dan investor. Pembentukan PayTren juga bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah masyarakat.

Dalam misinya, Paytren akan bekerja sama dalam investasi syariah pada tingkatan global, sekaligus memperkuat posisi Indonesia pada industri keuangan syariah dunia.

Investor PayTren Jual Saham 100%

PayTren Aset Manajemen milik Ustaz Yusuf Mansur, baru baru ini juga mengumumkan rencana penjualan 100% saham perseroan.

Dikutip dari pengumuman di media massa, direksi PayTren menyampaikan jika 100% saham perseroan yang telah diterbitkan dan dimiliki oleh pemegang saham akan dibeli oleh pihak lain.

"Pembelian atas saham tersebut akan mengakibatkan terjadinya perubahan pemegang saham pengendali perseroan," tulis pengumuman tersebut, dikutip Sabtu (19/3/2022) lalu.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Paytren PAM Ayu Widuri mengungkapkan rencana penjualan saham itu memang dilakukan untuk mencapai tujuan atau visi-misi perusahaan. Ayu menjelaskan Paytren Aset Manajemen ini merupakan manajer investasi syariah pertama di Indonesia.

"Kita lihat potensi pasar syariah ini besar. Diharapkan bisa lebih besar lagi dan ini tentu perlu support dari pemegang saham pengendali. (Penjualan saham PayTren) ini tentunya menjadi pilihan pengendali," kata dia.

(fdl/fdl)