Investasi Kripto Makin Populer, Bagaimana Biar Investornya Nggak Tekor?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 13 Apr 2022 16:51 WIB
Ilustrasi Kripto
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Aset kripto di Indonesia semakin populer. Tercermin dari semakin banyaknya produk token kripto hingga pelaku pasarnya yang semakin bertambah.

Namun aset kritpo termasuk dalam produk investasi yang memiliki risiko tinggi. Jika tidak cocok dengan profil risiko dan memiliki pengetahuan yang rendah, bukan untung, malah buntung yang didapat.

Oleh karena itu pentingnya memahami cara berinvestasi di aset kripto dapat membantu masyarakat agar tidak keliru dalam mengambil keputusan berinvestasi.

Kementerian Perdagangan mencatat, nilai transaksi aset kripto di Indonesia pada 2021 melonjak 1.224% menjadi Rp 859,4 triliun dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar Rp 64,9 triliun.

Sementara itu, dalam rentang dua bulan, Januari-Februari 2022, tercatat sebanyak Rp 83,8 triliun. Angka itu tumbuh 14,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021. Pada Februari 2022, jumlah pelanggan aset kripto yang terdaftar mencapai 12,4 juta orang.

"Ini merupakan potensi yang besar, masyarakat harus tahu bagaimana cara berinvestasi yang benar. Karena itu, kami bekerja sama dengan Great Edu untuk bisa mengedukasi masyarakat," kata Direktur ARS Defi Egie Septiana dalam keterangan tertulis, Rabu (13/4/2022).

Platform pendidikan berbasis digital, Great Edu menggandeng ARS Defi, developer kripto guna mengedukasi publik tentang berinvestasi di aset kripto.

"Kami bekerja sama dengan ARS Defi guna mewujudkan partisipasi Great Edu terhadap dunia pendidikan dan kewirausahaan," ujar CEO PT Greatedu Global Mahardika, Ade Irma Setya Negara.

Menurut Ade Irma, dalam mengedukasi masyarakat Great Edu memfasilitasinya dengan membuka kelas. "Setiap kelas maksimal 25 orang. Materi yang diajarkan selain teori tentang apa itu aset kripto juga difasilitasi praktek sampai menjadi entrepreneur," kata dia.

Great Edu merupakan platform pendidikan berbasis digital yang fokus sebagai tempat bertumbuh dalam dunia kerja, bisnis, maupun pendidikan. Beberapa materi yang disodorkan di antaranya adalah bagaimana menjadi penulis yang baik, materi fotografi, dan terkini adalah tentang cara berinvestasi di aset kripto.

Mengingat konsep yang diusung adalah core value 'Quality at Scale', karena itu semua kelas online workshop dan konten video belajar didukung oleh para instruktur terbaik dan profesional.

Great Edu juga menyediakan jasa personalized service bagi perusahaan dan lembaga yang ingin melaksanakan pelatihan dan internal training.



Simak Video "Harapan CEO IDM Co-op Terakit Regulasi Hukum Khusus Kripto"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)