Bitcoin Dominance: Pengertian dan Cara Hitungnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 13 Mei 2022 14:42 WIB
Bitcoin
Foto: Bitcoin (Andhika Akbarayansyah/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Dalam dunia cryptocurrency, terdapat hal yang sangat diperhatikan oleh banyak pedagang crypto, yakni Bitcoin Dominance. Lantas apa yang dimasud dengan Bitcoin Dominance dan seperti apa fungsinya?

Mari kita bayangkan bahwa kapitalisasi pasar total semua cryptocurrency saat ini mencapai US$ 100 miliar. Jika kapitalisasi pasar Bitcoin mewakili US$ 60 miliar, maka dominasi Bitcoin pada pasar cryptocurrency akan mencapai 60%.

Dari penjelasan di atas, maka dapat Bitcoin dominance dapat diartikan sebagai ukuran seberapa besar kapitalisasi pasar Bitcoin terhadap total kapitalisasi pasar kripto saat ini.

Cara menghitung besaran Bitocin dominance ini pun sangatlah mudah. Seperti pada penjelasan di atas, investor hanya perlu membangi kapitalisasi pasar bitcoin dengan total kapitalisasi pasar cryptocurrency dan kemudian dikalikan dengan 100%.

Bitcoin dominance = (kapitalisasi pasar bitcoin/ total kapitalisasi pasar cryptocurrency) x 100%

Melansir dari situs CoinMarketCap, dengan adanya perhitungan Bitcoin dominance ini, para investor criptocurrency dapat lebih memahami tren investasi yang tengah berlangsung.

Terlebih mengingat dunia aset kripto sekarang lebih kaya dan beragam daripada di awal 2010-an. Ada berbagai hard fork Bitcoin, termasuk Bitcoin Cash (BCH), dan cryptocurrency lainnya.

Tren pasar crypto baru seperti DeFi telah mengalihkan likuiditas ke Ethereum, dan sekarang hype ICO telah mereda, nampak bahwa beberapa aset digital dengan kasus penggunaan yang menarik mengembangkan pengikut setia.

Dengan demikian dominasi BTC atau Bitcoin dominance dapat membantu para investor menentukan berapa banyak modal yang harus dialokasikan untuk altcoin.



Simak Video "Syarat Mutlak Influencer Bisa Dilirik Brand"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)