ADVERTISEMENT

Perjalanan Terra LUNA: Harga Anjlok sampai Didepak dari Indodax-Binance

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 15 Mei 2022 12:30 WIB
Ilustrasi Kripto
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Perjalanan aset kripto Terra LUNA jadi perhatian publik. Salah satu aset kripto besutan perusahaan Korea Selatan ini mengalami penurunan harga yang fantastis hanya dalam waktu yang singkat.

Dilansir dari CoinmarketCap, harga Terra LUNA pernah menyentuh level tertinggi senilai US$ 119 atau setara Rp 1,7 juta per koin di bulan April. Namun, sejak saat itu harganya perlahan-lahan turun ke rentang US$ 70-90.

Penurunan harga LUNA paling drastis terjadi di sekitar awal minggu ini, harga LUNA anjlok 50% di hari Senin 9 Mei 2022. Di hari Minggu 8 Mei, harga LUNA masih berada di level US$ 64,08, namun di hari berikutnya turun menjadi US$ 32 saja.

Sejak saat itu penurunan ekstrim mulai terjadi pada Terra LUNA. Di tanggal 10 Mei harganya turun ke angka belasan Dolar atau sekitar US$ 17,52. Hari berikutnya, 11 Mei, harga Terra LUNA turun lagi sampai menyentuh angka US$ 1,07.

Esok harinya, harga Terra LUNA benar-benar hancur tak terselamatkan. Di 12 Mei, harganya sudah menyentuh di bawah US$ 1, tepatnya US$ 0,00355.

Data terakhir, di tanggal 13 Mei, harga Terra LUNA hanya sebesar US$ 0,000102. Bila dirupiahkan hanya mencapai Rp 1,7 saja, alias cuma satu perak lebih sedikit.

Terra LUNA sempat mendapat perhatian besar dari investor kripto. Initial coin offering (ICO) Terra LUNA dilakukan pada 2019 sukses besar. Sejak saat itu harganya cenderung terus meningkat. Terra LUNA juga pernah menjadi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar keenam dengan nilai US$ 40 miliar.

Dari catatan detikcom, mengutip penjelasan CoinDesk, penyebab terjunnnya harga Terra LUNA adalah karena harga stablecoin Terra USD (UST) yang menyusut. Pasalnya keduanya memiliki keterkaitan.

Terra USD adalah saudara dekat LUNA dan dikeluarkan oleh perusahaan yang sama. Terra USD mengusung mata uang kripto Stablecoin.

Apa itu stablecoin? baca halaman berikutnya



Simak Video "Demo di Depan KPK, LPM Tuntut Indodax Diusut"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT