PayLater Hingga Pinjol Bukan Cuma Dapat Duit Cepat, Simak Dulu Hal Ini!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 07:45 WIB
Ilustrasi uang
Ilustrasi Uang/Foto: iStock
Jakarta -

PayLater, KTA, hingga pinjaman online (pinjol) menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan uang dengan waktu relatif lebih singkat. Layanan ini lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan dana segar.

Namun, sebelum menggunakan layanan tersebut ada beberapa hal yang wajib kamu tahu supaya nggak merasa terjebak nantinya.

Simak Hal Ini Sebelum Pinjam Uang:

PayLater Ada Biaya Penanganan

PayLater populer dalam beberapa waktu terakhir. Dengan tagline beli sekarang bayar nanti, pengguna juga bisa memilih jangka waktu cicilan atau jangka waktu pembayaran.

Rata-rata bunga PayLater di kisaran 2-4% tergantung dari jangka waktu pembayaran. Dalam PayLater ini juga dikenakan biaya penanganan biasanya 1% per transaksi.

Bunga per Bulan

Untuk KTA ini biasanya diberikan oleh bank atau lembaga jasa keuangan. Bunga KTA biasanya di kisaran 0,95-3,29% per bulan. Jadi per tahun bunga di kisaran 11,4- 39,48%.

Jika meminjam uang melalui KTA akan dikenakan biaya administrasi yang jumlahnya ditentukan oleh bank. Lalu ada biaya keterlambatan hingga biaya pelunasan dipercepat.

Bunga Pinjol per Hari

Pinjol juga menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan uang dengan cepat. Dari keterangan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) bunga pinjol sekarang sebesar 0,4% per hari.

Meminjam uang dalam aplikasi pinjol ini memang terbilang mudah dan pencairan juga sangat cepat. Tak sampai hitungan hari, bahkan hanya hitungan jam uang sudah masuk ke rekening.

(kil/ara)