Miris... Orang-orang Kaya Ini Jadi Korban Kejatuhan Kripto

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 13:41 WIB
Ilustrasi Kripto
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Cryptocurrency atau mata uang kripto merupakan sebagai salah satu instrumen investasi yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Berkat itu banyak investor yang berhasil meraup uang hingga miliaran rupiah berkat investasinya di pasar kripto.

Namun akhir-akhir ini pasar kripto terus mengalami penurunan. Selama beberapa minggu terakhir, nilai pasar kripto hanya bergerak ke satu arah, yakni turun.

Melansir dari Forbes, sejak 11 Maret 2022 nilai total semua token cryptocurrency yang beredar di pasar telah turun lebih dari 26%. Begitu pula dengan Bitcoin yang sudah turun sebanyak 25%.

Hal tersebut tentunya membawa kerugian yang cukup besar terhadap para investor kripto ini. Semakin banyak aset yang dimilikinya dalam cryptocurrency, semakin banyak juga mereka kehilangan "dana segar" di dunia nyata.

Bahkan menurut perhitungan Forbes, setidaknya sebelas orang terkaya di industri cryptocurrency ini secara kolektif telah kehilangan hampir US$ 60 miliar atau setara dengan Rp 876 triliun (kurs Rp 14.600/dolar AS).

Berikut sejumlah miliarder yang kekayaannya tergerus cukup parah akibat jatuhnya nilai kripto:

1. Changpeng Zhao (CZ)

CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) adalah orang terkaya di industri kripto pada Maret 2022 ini dengan total kekayaan mencapai US$ 65 miliar. Namun sekarang ini Forbes memperkirakan harta yang dimilikinya senilai US$ 17,4 miliar.

2. Brian Armstrong

Pendiri dari Coinbase ini ditaksir telah kehilangan lebih dari separuh harta kekayaan miliknya. Saat ini Forbes memperkirakan harta yang dimilikinya senilai US$ 2,8 miliar, dari yang sebelumnya sebesar US$ 6,6 miliar.

3. Sam Bankman-Fried

Miliarder selanjutnya yang kehilangan paling banyak uang karena jatuhnya nilai pasar kripto ada lah Bankman-Fried dari FTX. Diketahui bahwa dirinya telah kehilangan sebagian kekayaannya sebanyak US$ 3 miliar.

4. Fred Ehrsam

Salah satu co-founder dari Coinbase, Fred Ehrsam, juga terpaksa harus kehilangan sejumlah dana miliknya akibat jatuhnya nilai pasar kripto. Dirinya diketahui telah kehilangan sekitar US$ 1,1 miliar, dan saat ini masih mengantongi US$ 986 juta.

5. Chris Larsen

Chris Larsen selaku co-founder dari perusahaan sistem pembayaran berbasis blockchain, Ripple, telah kehilangan US$ 1,1 miliar. Sekarang ini memperkirakan harta yang dimilikinya senilai US$ 3,2 miliar, dari yang sebelumnya bernilai US$ 4,3 miliar.

(fdl/fdl)