Zulkifli Hasan Jadi Mendag, Asosiasi Kripto Beri Dukungan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 22:15 WIB
Zulkifli Hasan dilantik menjadi menteri perdagangan menggantikan M Lutfi. Sertijab jabatan Menteri Perdagangan dilakukan di Auditorium Gedung Utama Kamendag, Jakarta.
Foto: Dok. Kementerian Perdagangan
Jakarta -

Zulkifli Hasan hari ini resmi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Salah satu lembaga yang menaungi para pelaku industri aset kripto di dalam negeri, Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) menyatakan dukungan terhadap Zulhas.

Ketua ICCA, Rob Rafael Kardinal mengatakan, ICCA sebagai asosiasi yang menaungi para pelaku industri aset kripto, memahami mengenai pentingnya peranan pemerintah dalam mendukung tumbuh kembang industri aset kripto.

"Oleh karena itu kami tentunya selaku asosiasi terus mendukung penuh seluruh anggota kepemerintahan dalam menjalankan tugasnya, dan tentunya akan terus bersemangat untuk berkolaborasi bersama pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri aset kripto," kata dia dalam siaran pers, Rabu (15/6/2022).

Dia menyebut sebagai industri yang sangat terkait dengan keadaan ekonomi secara makro, industri aset kripto tentunya cukup terpengaruh dengan pemerintah dan kebijakan yang diambil.

Hal ini yang kemudian mendorong ICCA untuk terus mendukung dan berkolaborasi bersama pemerintah untuk memajukan industri kripto dan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Dukungan ini hadir sebagai bentuk pengakuan terhadap pentingnya kehadiran ICCA di tengah popularitas aset kripto di kalangan masyarakat.

Popularitas ini juga ditunjukkan dengan besarnya nilai pasar aset kripto di Indonesia dimana berdasarkan data terakhir dari BAPPEBTI bahwa selama 2021 mencapai Rp 859,4 triliun pada 2021. Nilai transaksi aset kripto tersebut meroket 1.222% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain menyatakan dukungan terhadap Zulkifli Hasan, ICCA juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Muhammad Luthfi yang sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan dengan baik hingga saat ini.

"Sebagai penutup kami ingin mengucapkan selamat bertugas dan berbakti pada negara kepada Bapak Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan terbaru, dan ICCA tentunya siap untuk mendukung menteri baru dalam menjalankan tugasnya dalam membangun Indonesia dan memajukan ekosistem aset kripto di Indonesia," jelas Rob.

(kil/das)