ADVERTISEMENT

Kritikan Keras Bill Gates: Kripto & NFT Berasal dari Teori Bodoh

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 23:19 WIB
Bill Gates
Foto: Internet
Jakarta -

Pendiri Microsoft Bill Gates bukanlah fans fanatik cryptocurrency atau token-token yang ada di dunia.

Dikutip dari CNBC dia menyebutkan kripto dan token itu berasal dari teori bodoh. "100% based on greater fool theory," ujar Gates, dikutip dari CNBC, Rabu (15/6/2022).

Gates juga menyentil gambar monyet digital yang harganya sangat mahal. Dia menyindir koleksi NFT Bored Ape Yacht Club yang saat ini sedang hits.

NFT merupakan token yang tak bisa ditukar satu sama lain. NFT sering disebut sebgai cara untuk membuktikan kepemilikan aset digital seperti koleksi seni atau olahraga.

Namun para kritikus menilai NFT ini terlalu ramai dan berpotensi membahayakan lingkungan. Kemudian NFT dibangun pada jaringan ethereum yang merupakan token terbesar kedua di dunia.

"Saya terbiasa dengan kelas aset, seperti pertanian ada hasilnya. Atau perusahaan seperti perusahaan yang menciptakan produk," ujar dia.

Nilai kripto beberapa waktu terakhir memang mengalami penurunan. Setelah Celcius sebuah perusahaan pinjaman kripto menghentikan semua penarikan akun.

Kondisi ini memicu kekhawatiran bangkrut untuk Celsius dan bisa berdampak buruk pada pasar kripto.

Pada Rabu Bitcoin diperdagangkan pada level US$ 21.107 per keping atau turun 7% dalam 24 jam terakhir. Mata uang kripto terbesar di dunia ini telah kehilangan separuh nilainya sejak awal 2022.

(kil/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT