ADVERTISEMENT

Besaran Bunga Shopee PayLater beserta Denda dan Cara Bayarnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 19 Jul 2022 21:15 WIB
ShopeePay
Ilustrasi Shopee PayLater/Foto: Shopee
Jakarta -

Bagi para pengguna e-commerce Shopee mungkin sudah tak asing lagi dengan Shopee PayLater atau SPayLater. Sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk memberikan pinjaman atau cicilan bagi pengguna Shopee Indonesia.

Fitur ini bisa dikatakan mirip seperti kartu kredit yang diciptakan untuk membantu user Shopee agar dapat berbelanja barang tapi belum memiliki dana yang cukup.

Setelah bertransaksi menggunakan aplikasi Shopee PayLater, tentu pengguna kemudian akan diwajibkan untuk membayar tagihan cicilan yang sudah disetujui sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda bunga.

Lantas bagaimana cara bayar tagihan Shopee PayLater? Berapa bungan yang diberikan Shopee PayLater? Serta berapa besar denda yang dapat diterima pengguna bila terlambat bayar?

Melansir dari situs resmi perusahaan, berikut cara bayar, besaran bunga dan denda Shopee PayLater:

Cara Bayar Shopee PayLater

Untuk membayarkan tagihan Shopee PayLater, pengguna dapat membayar tagihan SPayLater dengan memilih tab Saya pada halaman utama aplikasi Shopee > pilih SPayLater > pilih Bayar Sekarang > Tagihan Bulan Ini > Bayar Sekarang > pilih metode pembayaran > Konfirmasi > Bayar Sekarang > lakukan pembayaran.

Jika pembayaran sudah terverifikasi, Anda akan mendapatkan notifikasi di bagian Keuangan bahwa pembayaran Anda telah diterima. Limit SPayLater Anda akan segera dikembalikan maks. 1x24 jam.

Sebagai catatan:
- Pengguna akan mendapatkan notifikasi tagihan 10 (sepuluh) hari sebelum tanggal jatuh tempo. Rincian tagihan SPayLater akan muncul setiap tanggal 25, tanggal 1 (satu), atau tanggal 15, sesuai dengan periode tagihan yang Anda pilih.
- Jika dalam waktu lebih dari 1x24 jam limit Anda belum berubah, atau Anda masih ditagihkan pembayaran, hubungi Customer Service Shopee untuk bantuan lebih lanjut.
- Waktu proses verifikasi pembayaran dapat berbeda-beda, tergantung pada metode pembayaran yang dipilih. Ketahui lebih lanjut mengenai waktu pembayaran tagihan SPayLater sesuai dengan periode tagihan.

Bunga Shopee PayLater

Diketahui bahwa transaksi menggunakan SPayLater dikenakan biaya cicilan dengan suku bunga minimal 2.95%. Selain itu pengguna juga perlu membayarkan biaya penanganan sebesar 1% untuk setiap transaksi.

Artinya, apabila pengguna melakukan transaksi pembelian dengan nilai sebesar Rp 100.000 melalui skema Shopee PayLater, maka bunga Shopee Paylater yang harus dibayar yakni sebesar Rp 2.950.

Selain itu pengguna akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1% (Rp 1.000 untuk contoh di atas. Jadi total pembayaran yang harus dicicil sebesar Rp 103.950.

Adapun program Beli Sekarang Bayar Nanti ini dapat diselesaikan dalam waktu 1 (satu) bulan dan cicilan yang diselesaikan dalam waktu 3, 6, dan 12 bulan. Setiap Pengguna memiliki pilihan periode cicilan yang sama.

Denda Shopee PayLater

Tagihan pokok dan bunga Shopee PayLater wajib dibayar sebelum tanggal jatuh tempo agar pembeli yang meminjam dana tidak dikenai denda keterlambatan. Tagihan harus lunas dalam beberapa kali angsuran sesuai dengan masa pinjaman yang dipilih sebelumnya.

Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, Pengguna akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan. Jumlah ini akan terus bertambah jika pengguna tidak segera melunasi cicilannya.

Tidak berhenti di sana, jika pengguna terlambat melakukan pembayaran tagihan SPayLater, maka akan dilakukan pembatasan penggunaan Voucher Shopee dan akses fungsi di aplikasi Shopee yang bersangkutan.

Selain itu, keterlambatan pembayaran dapat memengaruhi peringkat kredit Anda di SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan) dan akan dilaksanakan penagihan lapangan.

Jadi bagi kamu para pengguna layanan Shopee PayLater, jangan lupa untuk membayarkan cicilannya tepat waktu ya!

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT