ADVERTISEMENT

Rekomendasi Platform Investasi Reksadana dan Keuntungannya

Sponsored - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 09:31 WIB
Ilustrasi Investasi
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Salah satu hal yang saat ini sangat gencar dilakukan para kaum milenial atau anak muda lainnya adalah berinvestasi. Investasi adalah menanam modal yang umumnya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Secara sederhana, dapat dikatakan investasi adalah menabung.

Kegiatan ini memang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk mempersiapkan masa depan. Banyak jenis investasi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah investasi reksadana. Apa itu investasi reksadana?

Investasi reksadana adalah salah satu jenis investasi yang cocok bagi Anda yang baru ingin terjun ke dalam dunia investasi. Investasi reksadana dinilai aman, mudah, dan dapat dimulai dengan modal yang kecil.

Reksadana adalah salah satu produk investasi yang digunakan sebagai tempat perhimpunan dana banyak orang. Nantinya, dana yang dikumpulkan tersebut akan dikelola oleh manajer investasi ke dalam berbagai produk investasi.

Manajer investasi akan mengelola uang yang terkumpul itu dengan memanfaatkan produk-produk investasi yang lain. Contohnya seperti saham, obligasi, pasar uang, atau deposito. Tidak perlu khawatir, investasi ini akan mengikuti aturan Undang Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995.

Setiap dana atau uang yang Anda tanam di dalam reksadana akan dikelola oleh orang yang bertanggung jawab. Di dalam investasi reksadana ini, manajer investasi akan mengelola portofolio Anda dengan bantuan para tim analisis yang tentunya sudah berpengalaman di bidangnya. Saat ini, terdapat banyak platform yang bisa Anda jadikan tempat untuk berinvestasi reksadana.

Rekomendasi Platform Investasi Reksadana

Salah satu rekomendasi platform investasi reksadana adalah BukaReksa. BukaReksa merupakan salah satu produk Bukalapak. Platform investasi ini menyediakan berbagai macam produk reksadana yang tentunya akan dikelola oleh para manajer investasi terbaik.

Platform ini juga berada di bawah dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Bagi Anda yang ingin membeli produk investasi melalui platform ini, nantinya akan mendapat kemudahan dalam mengelola produk investasi hanya dalam satu portofolio saja.

Di dalam BukaReksa terdapat 4 jenis reksadana yang tersedia. Pertama, reksadana pasar uang yang sepenuhnya akan berinvestasi dalam instrumen atau pasar uang. Contohnya seperti deposito berjangka, sertifikat Bank Indonesia atau SBI, serta obligasi yang jatuh temponya di bawah satu tahun.

Kedua, reksadana pendapatan tetap. Reksadana ini akan mengalokasikan dana Anda ke dalam jenis investasi obligasi atau berupa surat utang dan produk pasar uang, seperti deposito berjangka dan sertifikat bank Indonesia atau SBI.

Ketiga, reksadana campuran yang akan mengalokasikan uang ke dalam berbagai produk investasi, seperti instrumen surat berharga yang berupa efek utang atau obligasi dan efek ekuitas atau saham. Selain itu, sebagian dana juga dapat dialokasikan investasinya ke dalam instrumen pasar uang.

Terakhir atau keempat adalah reksadana saham. Dalam reksadana keempat ini, dana yang terkumpul akan diinvestasikan ke dalam instrumen investasi saham atau efek ekuitas dan obligasi atau efek ruat utang. Dengan proporsi saham minimum sebesar 80% dari total nilai aktiva bersih atau NAB yang ada.

Keuntungan Investasi Reksadana di BukaReksa

Investasi reksadana di BukaReksa memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Minimum Dana Pembelian Terjangkau

Beberapa platform investasi reksadana memiliki minimal pembelian sampai angka ratusan ribu rupiah. Akan tetapi, di dalam BukaReksa, Anda dapat membeli produk reksadana mulai dari Rp10.000 saja. Minimum pembelian ini jauh di bawah rata-rata untuk membeli produk reksadana sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memulai investasi reksadana.

2. Proses Transaksi Sederhana

Ketika proses transaksi, baik pembelian maupun penjualan, di dalam platform ini sangat sederhana sehingga mudah dilakukan. Anda cukup mengisi atau memilih jenis reksadana serta berapa nominal yang diinginkan.

3. Keuntungan (return) dapat Dijual Kapan Saja

Investasi reksadana ini akan memberikan keuntungan yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito berjangka maupun tabungan di bank. Pembeli dapat menjual unit reksadana, lalu dana hasil penjualannya akan dikirim kembali ke dalam rekening pembeli. Hal ini dapat dilakukan tanpa adanya batas waktu jatuh tempo.

4. Banyak Pilihan

Para manajer investasi akan menempatkan dana investasi ke dalam berbagai instrumen yang menguntungan. Hal itu dilakukan supaya keuntungan yang diperoleh menjadi lebih banyak atau maksimal. BukaReksa akan menawarkan berbagai jenis produk reksadana, mulai dari yang risiko rendah sampai risiko tinggi.

5. Beragam Pilihan Metode Pembayaran

Metode pembayaran dalam platform investasi ini memiliki banyak pilihan. Anda bisa membeli reksadana menggunakan beberapa metode pembayaran, mulai dari BukaDompet, Instant payment seperti BCA KlikPay, Transfer, Transfer Virtual Account, swalayan seperti Alfamart dan Indomart, rekening ponsel, sampai pos Indonesia.

6. Tidak Ada Biaya Transaksi

Proses pembelian produk reksadana yang ada dalam platform ini tidak dikenakan biaya transaksi. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan Anda. Selain itu, prosesnya dapat dilakukan kapan saja tanpa dikenakan biaya transaksi.

(Content Promotion/Bmoney)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT