ADVERTISEMENT

Makin Banyak Warga RI yang Investasi Kripto, Perlindungannya Jadi Sorotan

tim detikcom - detikFinance
Jumat, 29 Jul 2022 13:43 WIB
Ilustrasi Jual Beli Kripto
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) sebagai asosiasi yang menaungi konsumen aset kripto hari ini bertemu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Dalam pertemuan ini Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengharapkan industri aset kripto di tanah air dapat terus bertumbuh kembang secara sehat di Indonesia.

"Pertemuan dengan ICCA berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme karena didominasi generasi muda. Saya mengajak ICCA berdiskusi tentang perlindungan konsumen crypto. Selain itu Kemendag juga berencana bekerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait untuk melakukan peningkatan literasi perdagangan crypto di Indonesia," kataZulhas dalam keterangan resmi, Jumat (29/7/2022).

Kementerian Perdagangan merupakan lembaga pemerintah yang memiliki hubungan cukup erat dengan industri aset kripto. Hal ini dikarenakan di Indonesia sendiri kripto secara resmi diakui sebagai sebuah aset sehingga seluruh industri dan regulasi yang terkait secara langsung dikendalikan oleh kementerian perdagangan.

Selain itu, sebagai industri yang sangat terkait dengan keadaan ekonomi secara makro, industri aset kripto tentunya cukup terpengaruh dengan pemerintah dan kebijakan yang diambil. Hal ini yang kemudian mendorong ICCA untuk terus mendukung dan berkolaborasi bersama pemerintah untuk memajukan industri kripto dan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Sebelumnya kementerian perdagangan juga secara konsisten sudah menunjukan dukungannya terhadap ICCA dan industri kripto, dimana hal ini dibuktikan dengan hadirnya representasi dari kementerian perdagangan dalam Peresmian ICCA yang digelar awal tahun ini, dan juga acara edukasi dan literasi masyarakat ICCA Blockchain Edufest 2022 yang digelar pada awal bulan Juli lalu.

Melalui pertemuan ini, Ketua ICCA Rob Raffael Kardinal menyampaikan urgensi akan pentingnya pengawasan dan perlindungan konsumen kripto demi terciptanya ekosistem kripto yang aman dan sehat.

"Kami tentunya sangat berterima kasih atas sambutan hangat serta dukungan yang diberikan oleh Kementerian Perdagangan terhadap ICCA dan industri aset kritpo. Sebagai industri yang hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 15 juta pengguna di Indonesia tentunya perlindungan terhadap para konsumen ini menjadi hal penting yang kita akan terus dorong untuk menciptakan industri yang sehat dan pastinya aman bagi para pelakunya. Kami pastinya sangat mengapresiasi dan pastinya mendukung berbagai inisasi yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dalam mendukung tumbuh kembangnya industri kripto di Indonesia, oleh karena itu kami pastinya siap untuk terus berdiskusi dan mendukung pemerintah dalam mengembangakan industri aset kripto di Indonesia." tutup Rob.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT