ADVERTISEMENT

Apa Itu PayPal yang Kini Diblokir Kominfo?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 30 Jul 2022 13:30 WIB
Paypal
PayPal/Foto: Dok Reuters
Jakarta -

Apa itu PayPal? PayPal saat ini sedang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Platform milik PayPal Inc itu merupakan layanan transaksi keuangan secara elektronik.

PayPal sendiri merupakan aplikasi untuk memudahkan pengguna mengirim uang untuk teman, keluarga, sampai urusan bisnis. Untuk bisa mengirimkan uang, maka harus memiliki akun PayPal terlebih dahulu.

Untuk pembuatan akun PayPal, semua gratis dan hanya membutuhkan alamat email dan informasi dasar pengguna. Berikut ini adalah pro dan kontra untuk menggunakan PayPal dikutip dari detikInet yang melansir Rocket HQ, Sabtu (30/7/2022).

Kelebihan PayPal

PayPal mudah digunakan, bisa dibilang ini cara yang sangat mudah untuk mengirim uang ke teman dan keluarga di dalam maupun luar negeri.

Membayar dengan PayPal memberi pengguna tingkat keamanan ekstra dan pencegahan penipuan. Jika kamu membayar pembelian menggunakan PayPal yang akhirnya menjadi penipuan, PayPal dapat membantu mendapatkan uang kamu kembali.

PayPal mengenkripsi informasi bank atau kartu kredit sehingga menjaga informasi itu tetap aman.

Tidak ada biaya untuk mengirim uang ke teman dan keluarga.

Kekurangan PayPal

Meskipun gratis menggunakan PayPal untuk mengirim uang ke teman dan keluarga, jika kamu mengirim uang melalui PayPal sebagai bagian dari transaksi bisnis, kamu akan dikenakan biaya.

PayPal juga mengenakan biaya 1% jika kamu ingin akses instan ke uang. Transfer bank gratis membutuhkan waktu beberapa hari.

PayPal memiliki reputasi sangat agresif dengan pembekuan akun. Jika mereka memutuskan untuk membekukan akun kamu, mereka menahan uang sampai kamu dapat membuktikan bahwa kamu tidak melakukan kesalahan yang melanggar guideline.

PayPal merupakan perusahaan yang berdiri sejak Desember 1998 di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California.

Cara membuat PayPal

1. Buka Situs Resmi Paypal.com

Langkah awal yang harus kamu lakukan ialah dengan membuka situs resmi Paypal melalui web browser (paypal.com) atau aplikasi Paypal di android atau iOS. Lalu, klik tombol daftar atau sign up di pojok kanan atas.

2. Pilih Kegunaan Akun Paypal

Di sini, kamu akan disuguhkan dengan dua pilihan, yaitu membeli atau menerima pembayaran. Sesuaikan kegunaan akun untuk kebutuhanmu saat ini dan di masa mendatang ya Detikers.

3. Mengisi Data Pribadi

Kemudian, akan muncul formulir pendaftaran Paypal yang harus kamu isi. Mulai dari asal negara, nama depan, nama belakang, alamat email, kata sandi, dan sebagainya.

4. Menambah Saldo Paypal

Tahapan ini khusus untuk kegunaan akun mengirim uang ya sehingga kamu bisa langsung mengisi saldo dengan klik tab walllet. Buat para pengguna yang tidak mengetahui cara membuat akun Paypal untuk menerima pembayaran , kamu bisa menggunakan jasa virtual credit card (VCC) dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Hubungkan Akun Paypal

Langkah terpenting untuk memanfaatkan akun Paypal ialah dengan menghubungkan akun Paypal dengan rekening bank lokal atau kartu debit yang kamu miliki.

6. Akun Paypal Siap Digunakan

Pada prinsipnya, cara membuat Paypal hanya memiliki perbedaan yang terletak pada kegunaan akun Paypal saja. Selanjutnya, kamu bisa menikmati rekening Paypal sesuai kebutuhan transaksi onlinemu yah.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT