ADVERTISEMENT

Pangeran Ceko Mau Bikin NFT Buat Lestarikan Sejarah, Koleksinya Bikin Takjub

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 11:32 WIB
NFT
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta -

Pangeran Ceko William Rudolf Lobkowicz menyebutkan jika di dalam kastil tersimpan karya seni yang harganya tidak ternilai. Dia bersama dua orang saudara perempuanya berupaya untuk menjaga dan mempertahankan peninggalan leluhur mereka.

Ada tiga kastil, satu istana, 20 ribu artefak, 65 ribu buku langka, 5 ribu artefak dan komposisi musik seperti salinan awal ke-5 Beethoven dan 30 ribu kotak yang belum pernah dibuka sama sekali. Peninggalan-peninggalan itu sempat dicuri oleh Nazi dan Komunis.

Lobkowicz mengungkapkan jika kebanyakan orang menganggap karya seni dan kastil ini adalah hal yang biasa dan tak membutuhkan penjagaan yang ketat. "Nyatanya kami bekerja siang dan malam untuk melestarikan dan melindungi peninggalan ini," kata dia dikutip dari CNBC, Senin (8/8/2022).

Sebagai anak muda yang melek teknologi, Lobkowicz telah mempelajari tentang kripto dan token. Dia ingin peninggalan leluhurnya dimigrasi ke digital karena begitu banyak nilai sejarah di dalamnya.

Menurut dia langkah ini bukan hanya tentang menjual NFT untuk mendukung kebudayaan. Tapi bagaimana caranya anak-anak muda melestarikan nilai sejarah bangsanya.

"Teknologi blockchain memberi catatan jika warisan budaya tak bisa diubah tapi tetap bisa dipertahankan secara terus menerus dan itu adalah hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya," jelas dia.

Istana yang bertempat di dalam Hrad ini sekarang ditempati oleh Presiden Ceko dan menjadi galeri The Lobkowicz Collection dan di dalamnya berisi kumpulan karya yang usianya lebih dari 2.000 tahun.

Banyak koleksi yang harus disusun dan diperbaiki. Misalnya lukisan Bellotto, Bruegel, Canaletto, Cranach, Rubens dan Veronese. Serta ada juga keramik yang telah dibuat pada abad 1.200. Kemudian juga ada alat musik gesek dan tiup seperti terompet berwarna emas dan dihiasi batu rubi.

Untuk proses restorasi ini akan menggunakan biaya dari kocek pribadi. Kini koleksi milik keluarga Lobkowicz telah dinyatakan sebagai monumen budaya Ceko. Jadi mereka tak bisa menjual apapun untuk membantu pembayaran proses perbaikan.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT