ADVERTISEMENT

Mekar.Id Minta Masyarakat Waspadai Pencatutan Nama di Aplikasi Palsu

Sponsored - detikFinance
Kamis, 11 Agu 2022 16:44 WIB
Mekar.id
Foto: Mekar.id
Jakarta -

Platform pendanaan UMKM Indonesia, Mekar.id, menemukan pencatutan namanya pada sebuah aplikasi tiruan yang beredar melalui Google Play Store. Aplikasi palsu tersebut juga mencatut nama PT Mekar Investama Sampoerna, perusahaan yang mengembangkan platform pendanaan UMKM Mekar.id.

Direktur Mekar.id Pandu Aditya Kristy mengungkapkan terkuaknya aksi pencatutan nama tersebut berawal dari laporan masyarakat. Mekar.id telah melaporkan aplikasi palsu dan dugaan pencatutan nama tersebut kepada pihak berwenang.

"Kami meminta masyarakat agar tetap waspada, karena sekarang ini memang sedang marak beredar aplikasi palsu dan berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan pendanaan digital," ujar Pandu dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Seperti diketahui, PT Mekar Investama Sampoerna adalah perusahaan teknologi finansial yang menawarkan layanan pinjam meminjam melalui platform online Mekar.id. Seluruh peminjam di Mekar.id adalah pelaku usaha kecil di berbagai kota dan desa di Indonesia.

Hingga saat ini, PT Mekar Investama Sampoerna belum meluncurkan aplikasi resmi untuk platform pendanaan digital Mekar.id. Dengan demikian, aplikasi yang beredar di Google Play dan mencatut nama Mekar.id dipastikan sebagai aplikasi palsu.

Aplikasi palsu yang mencatut nama Mekar.id tersebut memiliki logo yang berbeda dari logo resmi Mekar.id. Aplikasi palsu tersebut juga ditengarai menawarkan pinjaman personal dengan syarat peminjam melakukan deposit terlebih dahulu sebelum pinjaman dicairkan. Padahal, Mekar.id tidak pernah meminta peminjam melakukan deposit sebagai syarat pencairan pinjaman.

"Kami di Mekar.id mengecam pihak yang tidak bertanggung jawab dan menyalahgunakan nama Mekar.id dan PT Mekar Investama Sampoerna untuk kepentingan pribadi mereka. Kami berharap tidak ada masyarakat yang menjadi korban dari aplikasi palsu tersebut," tegas Pandu.

Guna menghindari modus penipuan, Pandu mengajak masyarakat untuk mengunjungi website resmi Mekar.id, yaitu www.mekar.id untuk mengetahui informasi terkini tentang Mekar.id dan mengakses seluruh layanannya. Selain itu, masyarakat dapat menghubungi layanan pelanggan Mekar.id melalui fasilitas live chat di website www.mekar.id jika menemukan aktivitas yang mencurigakan yang mengatasnamakan Mekar.id.

Mekar.id juga terus melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memilih platform pendanaan yang telah berizin secara resmi di OJK. Mekar.id sebagai perusahaan layanan pinjaman online telah memiliki izin resmi dari OJK dan berstandar operasional yang baik sesuai dengan yang diberlakukan OJK. Hal termasuk dalam hal keamanan pengguna, prosedur penagihan pinjaman, serta keterbukaan informasi kepada konsumen.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Layanan Pengguna Mekar.id melalui email support@mekar.id atau WhatsApp +62819 5265 6411.

(Content Promotion/Mekar.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT