ADVERTISEMENT

Agrodana Futures Penuhi Tujuan Investasi Para Investor

Sponsored - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 11:05 WIB
PT Agrodana Futures meraih penghargaan Best GOFX Broker of the Year 2022, diterima langsung oleh Direktur Utama, Laurentius Gunawan.
Foto: Agrodana Futures
Jakarta -

Dewasa ini investasi menjadi kebutuhan yang sangat penting dan tidak terelakkan untuk meningkatkan kekayaan atau pendapatan. PT Agrodana Futures adalah perusahaan pialang berjangka yang mampu memenuhi setiap tujuan investasi yang ditargetkan oleh para investor.

Agrodana adalah salah satu perusahaan pialang berjangka yang memiliki legalitas dan diakui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Selain memenuhi syarat legalitas, Agrodana mempunyai keunggulan tersendiri di antara puluhan perusahaan pialang berjangka lainnya yang sudah diakui dan terdaftar di BAPPEBTI.

"Setiap investor memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda. Ada yang ingin mencari keuntungan dalam jangka pendek, ada juga yang ingin berinvestasi jangka panjang. Semuanya bisa terpenuhi melalui produk yang ditawarkan Agrodana," tutur Direktur Agrodana Futures Tommy Zhu, CFA, CFP®, CWM®.

Keunggulan Agrodana

Sebagai contoh, investasi emas. Tommy menjelaskan, jika seseorang ingin membeli emas karena memiliki keyakinan bahwa harga emas akan naik dalam kurun waktu dua tahun ke depan, ia bisa membeli kontrak emas melalui Agrodana.

Kelebihan membeli kontrak emas melalui Agrodana adalah modal awal yang diperlukan jauh lebih kecil dibanding membeli emas secara fisik.

"Bahkan cukup siapkan modal awal 10 persen dari nilai transaksi, sehingga sisa 90 persen dana masih bisa disimpan di bank dan mendapatkan bunga bank," jelas Tommy.

Ditambah lagi, bagi nasabah yang baru saja bergabung dengan Agrodana, maka berkesempatan untuk mendapatkan cashback emas dan ini berlaku sampai dengan September 2022.

Di sisi lain, ketika berkontrak dengan Agrodana nasabah juga tidak perlu memikirkan tempat untuk menyimpan emas yang telah dibeli. Biasanya, nasabah dikenakan biaya tambahan untuk membeli brankas ataupun menyewa Safe Deposit Box.

Semua transaksi pun dilakukan secara online. Jadi, apabila nasabah ingin menjual emas yang telah ia beli, ia dapat menjualnya secara online tanpa perlu datang ke lokasi.

Yang terutama, papar Tommy, selisih antara harga penjualan dan pembelian (spread) emas di Agrodana yang sangat rendah yaitu di bawah 0,1 persen. Spread transaksi yang sangat kecil ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi jual beli dalam jangka pendek dan masih mendapatkan keuntungan yang baik.

"Satu hal yang sering tidak disadari oleh nasabah yang melakukan jual beli emas secara fisik adalah spread jual beli yang sangat besar. Jika kita perhatikan berbagai situs yang menawarkan jual beli logam mulia, selisih harga beli dan jual bisa mencapai 5-10 persen, sedangkan transaksi emas di Agrodana spread-nya di bawah 0,1 persen. Ini adalah keuntungan bagi nasabah," jelasnya.

Miliki Manajemen Risiko

Menurut Tommy, sama seperti bisnis, tidak ada yang pasti dalam investasi. Setiap perencanaan yang sudah dikalkulasi dengan baik, tidak akan menjamin investasi berjalan dengan sukses.

Namun, dalam bertransaksi dibutuhkan adanya manajemen risiko yang baik. Manajemen risiko adalah bagian dari pembuatan perencanaan trading (trading plan).

Agrodana FuturesFoto: Agrodana Futures

"Dan trading plan ini harus dibuat ketika investor masih belum memiliki posisi sama sekali, sehingga pikirannya masih netral dan jernih. Jika hal ini dilakukan dengan baik, maka investor bisa meraup keuntungan dari transaksi," jelas Tommy.

Pada umumnya yang menyebabkan kerugian adalah tidak adanya manajemen risiko yang baik dan bukan karena waktu atau periode transaksi. Jika investor mempunyai trading plan, maka transaksi dapat dilakukan kapan saja dan tidak harus dalam waktu-waktu tertentu.

Akan tetapi, Tommy menjelaskan, meskipun investor sudah memiliki perencanaan yang baik dalam trading, tetapi jika tidak diikuti dengan disiplin yang tinggi, tetap akan mengalami potensi kerugian.

"Ketika investor berpikir bahwa ini adalah peluang satu-satunya dan akhirnya bertransaksi secara gegabah, maka mereka tidak lagi melakukan trading melainkan sedang berjudi. Tentu saja hal semacam ini harus dihindari jika ingin menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Ketika investor bisa disiplin dalam bertransaksi maka peluang mendapatkan keuntungan semakin tinggi dan akan membawa perbaikan ekonomi di masa depan," jelasnya.

Alat Pembatasan Risiko

Agrodana sendiri telah memiliki alat yang bisa digunakan untuk membatasi risiko yang timbul dari hasil transaksi (potential loss). Alat yang bisa digunakan adalah Stop Loss Order.

Alat ini membuat investor tidak perlu melakukan pemantauan pasar secara terus menerus. "Ketika Stop Loss Order dipasang dan harga tiba-tiba bergerak berlawanan dengan ekspektasi hingga menyentuh Stop Loss Order tersebut, maka posisi terbuka yang dimiliki akan langsung dilikuidasi," lanjut Tommy.

Apabila investor tidak memasang Stop Loss Order, proteksi kedua yang disediakan Agrodana adalah Automatic Liquidation yang dilakukan oleh sistem.

Dengan alat ini, sistem akan melepas sebagian atau seluruh posisi terbuka yang dimiliki ketika saldo sudah tidak mencukupi. Situasi ini berguna untuk menghindari saldo yang minus ketika harga terus bergerak berlawanan dengan ekspektasi.

Alat lainnya yang bisa digunakan adalah Expert Advisor. Alat ini memungkinkan investor untuk memasang algoritma tertentu yang akan mengeksekusi transaksi secara otomatis sesuai dengan algoritma tersebut.

"Agrodana telah menyediakan berbagai alat yang membantu investor dalam mengelola risikonya saat bertransaksi di Agrodana. Ini adalah nilai lebih yang kami tawarkan sebagai perusahaan pialang berjangka yang legal dan diakui untuk menjadi corong investasi yang memiliki keunggulan dibandingkan perusahaan pialang lainnya," pungkas Tommy.

(Content Promotion/Agrodana Futures)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT