Jurus DANA Hadirkan Digitalisasi Keuangan di Kepulauan Natuna

ADVERTISEMENT

Jurus DANA Hadirkan Digitalisasi Keuangan di Kepulauan Natuna

Dea Duta Aulia - detikFinance
Senin, 17 Okt 2022 17:21 WIB
Dompet digital DANA terus berupaya menghadirkan digitalisasi keuangan di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Kepulauan Natuna, Riau.
Foto: Dok. DANA
Jakarta -

Dompet digital DANA terus berupaya menghadirkan digitalisasi keuangan di berbagai daerah di Indonesia. Terbaru, DANA melakukan pencanangan Natuna Digital Islands di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Kabupaten Natuna, Minggu (16/10).

Menurut Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia Agustina Samara, pencanangan tersebut merupakan momentum untuk melihat digitalisasi sebagai salah satu solusi perekonomian. Mengingat daerah tersebut memiliki jumlah UMKM yang tidak sedikit yakni mencapai 5.650 pelaku usaha di tahun 2021.

"Pencanangan ini adalah momentum untuk melihat digitalisasi sebagai salah satu solusi perekonomian secara menyeluruh, mendistribusikan manfaat kepada daerah-daerah terdepan di Indonesia. Kami juga berterima kasih kepada seluruh pemangku di ekosistem digital, karena lewat dukungannya kita dapat berselancar di internet dengan mudah dan cepat di Natuna," kata Agustina dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Ia menuturkan kolaborasi antara DANA dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna ini bukan baru pertama kali dilakukan di tahun ini. Namun, kedua belah pihak sudah melakukan kolaborasi sejak tahun lalu.

DANA dipercaya untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat serta memfasilitasi transaksi nontunai di aplikasi NatunaMart melalui QRIS. NatunaMart merupakan salah satu startup lokal besutan putra-putri daerah Natuna. Kehadiran NatunaMart merupakan bagian dari ekosistem digital di Kepulauan Natuna.

"Besar harapan kami agar kolaborasi sinergi antara pelaku usaha yang mendukung UMKM lokal dapat diperluas ke wilayah-wilayah lain di Indonesia dan memberikan bukti bahwa digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi lokal ke depannya. Semoga orang-orang semakin tertarik untuk berkunjung ke Natuna, wilayah yang penuh potensi ini," jelasnya.

Untuk menyukseskan Natuna Digital Islands, Agustina mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah program menarik untuk meningkatkan adopsi sekaligus mengedukasi manfaat dompet digital ke masyarakat setempat.

"Selain memberikan wadah bagi Juragan UMKM DANA UMKM yang telah mendapat pendampingan digitalisasi dan wirausaha dari DANA untuk memperlihatkan produk kuliner terpilih dalam 'Pojok Kuliner Rakyat', DANA juga menyiapkan penghargaan khusus bagi 10 UMKM NatunaMart dan 3 Driver NatunaMart Teratas," kata Agustina.

Agustina menjelaskan untuk menjalankan program tersebut secara berkelanjutan pihaknya tidak hanya menjalin kolaborasi dengan pemda setempat. Namun turut menggandeng pihak terkait seperti penyedia jasa layanan telekomunikasi.

"Lewat partisipasi seluruh pelaku ekosistem ekonomi digital dari hulu ke hilir, DANA optimistis mampu mewujudkan kemandirian bagi seluruh masyarakat Kepulauan Natuna dan menggerakkan pertumbuhan perekonomian lokal maupun nasional. Sehingga kisah sukses di Natuna dapat diaplikasikan ke daerah-daerah terluar lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Natuna Wan Siswandi mengatakan kerja sama ini merupakan bagian untuk memajukan Kepulauan Natuna. Pasalnya daerah tersebut terus menghadirkan berbagai inovasi serta pembangunan di berbagai sektor.

"Kehadiran DANA di Natuna juga merupakan indikator majunya Kabupaten Natuna dengan mengoptimalkan era digital untuk transaksi keuangan, baik untuk transfer, maupun jual beli barang," tutup Wan.

(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT