Bamsoet Dorong Pemerintah Percepat Pembentukan Bursa Kripto RI

ADVERTISEMENT

Bamsoet Dorong Pemerintah Percepat Pembentukan Bursa Kripto RI

Angga Laraspati - detikFinance
Selasa, 18 Okt 2022 16:34 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka Cryptalk 2022 di Jakarta.
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah melalui Kementerian Perdagangan, BAPPEBTI, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta kementerian dan lembaga terkait lainnya untuk mempercepat pembentukan bursa kripto.

Menurutnya, hal ini bisa semakin mendorong kemajuan industri perdagangan aset kripto di Indonesia, karena dapat membantu pengawasan transaksi kripto, memberikan keterbukaan informasi, serta memberikan perlindungan bagi investor

Pasalnya, kata dia, perkembangan ekosistem kripto di Indonesia senantiasa menunjukan sinyal positif. Hal ini ditandai dengan pesatnya peningkatan jumlah investor yang pada Agustus 2022 saja telah mencapai 16,1 juta investor.

"Pada tahun 2023 nanti, diproyeksikan akan menembus 20 juta investor. Hasil survei Finder Crypto Adoption yang dilakukan di 26 negara pada Agustus 2022, memperlihatkan kepemilikan aset kripto orang Indonesia mencapai 29,8 juta dengan persentase 16%. Lebih tinggi dari rata-rata global sebesar 15%," ujar Bamsoet saat membuka Cryptalk 2022 di Jakarta seperti dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Ketua DPR RI ke-20 ini mengapresiasi penyelenggaraan Cryptalk 2022 yang diselenggarakan KADIN Bandung bersama Coin Store Global. Kegiatan ini menghadirkan para pelaku usaha aset kripto dan investor dari dalam dan luar negeri, asosiasi, pemerintah dan lembaga terkait lainnya.

Cryptalk 2022 merupakan bentuk implementasi dari nota kesepahaman antara KADIN Bandung dan Coin Store Global yang ditandatangani pada 24 September 2022 di Bandung.

"Melalui nota kesepahaman tersebut, KADIN Bandung dengan Coinstore Global berkomitmen untuk bekerjasama meningkatkan kualitas ekosistem perdagangan aset kripto di Indonesia agar lebih sehat dan lebih aman. Sekaligus menjadikan Coin Store Global sebagai jembatan penghubung bagi para pelaku usaha kripto dalam negeri untuk menembus pasar kripto dunia," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan selain meningkatkan perdagangan aset kripto, KADIN bersama pemerintah dan asosiasi kripto lainnya juga memiliki tanggung jawab untuk senantiasa meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT