Donald Trump Jualan NFT, Langsung Ludes Terjual Rp 69 M

ADVERTISEMENT

Donald Trump Jualan NFT, Langsung Ludes Terjual Rp 69 M

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 19 Des 2022 08:09 WIB
Donald Trump Mencalonkan Diri Lagi sebagai Presiden, Ini yang Ia Rencanakan
Foto: Screenshot/Collect Trump Cards
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump belum lama ini muncul di koleksi non-fungible token (NFT). Hanya 12 jam setelah diluncurkan, koleksi tersebut langsung terjual habis.

Ada 45.000 koleksi NFT diluncurkan di blockchain Polygon yang masing-masing dihargai US$ 99 atau Rp 1,54 juta (kurs Rp 15.595). Artinya ada sekitar US$ 4,45 juta atau Rp 69,40 miliar yang dikantongi dari penjualan NFT Trump.

Koleksi NFT yang disebut sebagai kartu perdagangan digital Trump menampilkan Trump dalam berbagai kostum seperti, astronot, koboi, hingga pahlawan super yang menembakkan sinar laser dari matanya.

Kartu digital itu diajukan oleh NFT INT. Perusahaan menyebut peluncuran tidak terkait kampanye kepresidenan Trump. Mereka juga mengklaim pihaknya tidak dimiliki, dikelola, atau dikendalikan oleh Trump, perusahaannya, beserta afiliasinya.

Trump dikatakan hanya dibayar berdasarkan lisensi untuk penggunaan nama dan kemiripannya. Pemilik NFT bisa mengikuti undian dan memenangkan beberapa hadiah termasuk pertemuan one-on-one di resor Mar-a-Lago hingga main golf bersama Trump.

"Ini kartu edisi terbatas. Seseorang dapat membuat hadiah Natal yang luar biasa," kata Trump dilansir dari BBC, Senin (19/12/2022).

Advokat mengatakan NFT adalah aset digital untuk barang koleksi. Di sisi lain, kritikus memperingatkan tentang risiko besar di pasar yang muncul dari dunia cryptocurrency.

Aktivitas pasar kripto telah menurun tahun ini bersamaan dengan anjloknya mata uang kripto. Sebuah laporan untuk Kongres AS tahun ini mencatat bahwa penjualan NFT telah digunakan untuk mengumpulkan kartu kredit hingga menjadi sasaran penipuan lainnya.



Simak Video "Akun Instagram dan Facebook Donald Trump Akan Segera Dipulihkan"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT