Miris.. Ada Petani Jual Sawah-Kerbau Demi Beli Token Kripto Artis, Kini Amsyong

ADVERTISEMENT

Miris.. Ada Petani Jual Sawah-Kerbau Demi Beli Token Kripto Artis, Kini Amsyong

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 05 Jan 2023 19:15 WIB
Ilustrasi Kripto
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Tren hadirnya token atau kripto lokal di dalam negeri sempat booming, apalagi para artis juga sempat membuat komoditi tersebut. Bahkan, saking hype-nya, banyak orang rela menjual aset berharga demi membeli token.

Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) mengungkap ada pengaduan seorang petani yang menjual kerbau dan sawahnya demi membeli token artis.

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) Teguh Kurniawan Harmanda menyebut saat ini kondisinya, harga token artis tersebut anjlok dan membuat petani itu rugi. Sayangnya, Teguh enggan menyebutkan nama token artis tersebut.

"Ada yang punya sawah punya sapi kemudian dia jual dan beli token, itu adalah token yang saya mention ada token selebritilah, token influencer. Itu kejadian, dia sekarang tokennya turun, sawahnya sudah kejual, itu banyak di daerah. Kita hidup di kota, tetapi kita banyak pengaduan seperti itu. Dia jual kerbaunya dia jual sawahnya , sedih itu," kata Teguh kepada awak media di Kantor Bappebti, Kamis (5/1/2023).

Maka, Teguh menyarankan adanya token atau koin lokal ini perlu ada wadah yang mengatur secara resmi. Jadi, jangan sampai kasus-kasus token yang menurutnya tidak bertanggung jawab merugikan masyarakat.

"Pada akhirnya, saya khawatir koin-koin lokal itu ada tetapi tidak bertanggungjawab dan akhirnya menghancurkan kepercayaan. Saya yakin masih banyak koin-koin lokal yang berkualitas," tuturnya.

Ia juga memberi tips saat ingin melakukan investasi di kripto jangan hanya karena terpengaruh pada promosi artis atau influencer. Tentunya, jika ingin berinvestasi di kripto harus pastikan sudah terdaftar di Bappebti.

"Sekarang kita tahu influencer itu (mempromosikan) membeli ini beli itu, pompom. Mereka tidak bertanggung jawab, koinnya juga tidak terdaftar. Jadi benar-benar harus dicek," ungkapnya.

Seperti diketahui, para artis hingga penyanyi sempat berlomba-lomba menghadirkan token kripto. Misalnya saja penyanyi Anang Hermansyah yang memiliki token ASIX.

Selain itu, sempat ramai juga anak Ustaz Yusuf Mansur memiliki token kripto I-Coin. Token ini dikembangkan untuk IBW Games P2E, ILAND Metaverse dan NFT Marketplace.

Kemudian, ada Angel Lelga merilis token kripto bernama Angel Token dan memiliki lima proyek dalam lima fase roadmap. Dalam video acara peluncuran Angel Token tersebut, hadir juga para tim pengembang yang terdiri dari Kevin Marchiano, Michael Tan, Reynaldo Theo, dan James Won.



Simak Video "Bos Kripto Rusia Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Helikopter"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT