Foto Bisnis

RI-Rusia Sepakat Barter Sukhoi dengan Kopi

Grandyos Zafna - detikFinance
Selasa, 22 Agu 2017 18:02 WIB

Jakarta - Kemendag dan Kemenhan menyatakan sudah sepakat untuk melakukan imbal dagang antara hasil perkebunan Indonesia dengan 11 pesawat Sukhoi Su-35 dengan pihak Rusia.

Mendag Enggartiasto Lukita mengatakan, saat ini kesepakatan tersebut baru dilakukan lewat MoU, dan akan dilanjutkan dengan perjanjian pembelian setelah komoditas asal Indonesia dan valuasi harganya yang akan dimasukkan dalam imbal beli sudah disepakati kedua belah pihak.
Sebagai langkah awal, kedua pemerintah sudah menunjuk BUMN yang akan ditugasi melakukan imbal beli komoditas dari Indonesia yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia  dan Rostec dari pihak Rusia. Beberapa komoditas yang ditawarkan yakni komoditas perkebunan beserta yang ditawarkan yakni karet, minyak sawit atau CPO, mesin, kopi, kakao, tekstil, teh, alas kaki, ikan olahan, furniture, kopra, plastik, resin, kertas, rempah-rempah, produk industri pertahanan, dan produk lainnya.
Sebagai informasi, Rusia selama ini menjadi negara mitra dagang terbesar ke-24 di tahun 2016. Tahun lalu, nilai perdagangan Indonesia-Rusia tercatat US$ 2,11 miliar, dengan Indonesia menikmati surplus sebesar US$ 410,9 juta yang seluruhnya berasal dari surplus sektor nonmigas.
RI-Rusia Sepakat Barter Sukhoi dengan Kopi
RI-Rusia Sepakat Barter Sukhoi dengan Kopi
RI-Rusia Sepakat Barter Sukhoi dengan Kopi