Foto Bisnis

QRIS Solusi Pembayaran Digital Bagi UMKM

pl - detikFinance
Minggu, 20 Jun 2021 14:04 WIB

Jakarta - Pelaku UMKM didorong menerapkan pembayaran digital memakai QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) karena dinilai praktis-higienis, terlebih saat pendemi.

Metode pembayaran QRIS pada Bank Mandiri Syariah kerap dimanfaatkan nasabah sebagai solusi pembayaran digital. Pasalnya prosesnya mudah, cepat, dan aman.

Bank Indonesia dan Perkumpulan Bumi Alumni juga mendorong semua pelaku UMKM unttuk menerapkan pembayaran QRIS. Transformasi digital mengubah cara orang melakukan pembayaran, seiring dengan laju perkembangan teknologi di bidang perbankan, dari pembayaran fisik, ATM, mesin EDC hingga saat ini pembayaran digital melalui QR Code. Foto: Istimewa

Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sedang melakukan transaksi Scan To Pay menggunakan JakOne Mobile Bank DKI pada mesin Mobile-Point of Sale (M-POS) di Jakarta, (31/12). Pengunjung Ancol dapat melakukan pembayaran tiket gerbang Ancol dengan Kartu Debit GPN dan Kartu Kredit, baik Bank DKI maupun bank lainnya, serta menerima transaksi QR Code JakOne Mobile dan QRIS. Pengunjung Ancol juga dapat menggunakan uang elektronik kartu prepaid JakCard Bank DKI di berbagai unit rekreasi Ancol seperti Sea World, Dunia Fantasi, Ocean Dream, dan Atlantis. Penggunaan layanan e-channel Bank DKI di Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu bentuk sinergi antar sesama BUMD di DKI Jakarta.

Selain itu transaksi pembayaran juga sangat aman dan bisa dilakukan dimanapun dan kapan saja, tidak tergantung jarak dan waktu. Kecenderungan pembayaran digital juga membuat para customer lebih royal untuk membeli produk, karena mereka tidak bawa tunai yang sering terbatas jumlahnya.  Foto: dok. Bank DKI

Mulai hari Senin (15/3/2021) Pemkab Tegal, Jawa Tengah, mulai memberlakukan sistem pembayaran non tunai untuk masuk obyek wisata alam Guci. Wisatawan tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunia, cukup menggunakan QR Code atau QRIS.

QRIS sendiri sudah dikembangkan sejak 2019, setelah melakukan kajian sepanjang 2018, dengan tujuan membantu keuangan inklusif kedua menjangkau pelaku usaha UMKM sejalan dengan perkembangan teknologi. Disusun bersama dengan ASPI  (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) baik bank dan non bank dari seluruh Indonesia. Foto: (Imam Suripto/detikcom)

QRIS Solusi Pembayaran Digital Bagi UMKM
QRIS Solusi Pembayaran Digital Bagi UMKM
QRIS Solusi Pembayaran Digital Bagi UMKM