Follow detikFinance
Senin 13 Feb 2017, 20:35 WIB

Pesawat R80 Masuk Proyek Strategis Nasional, Ini Kata BJ Habibie

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pesawat R80 Masuk Proyek Strategis Nasional, Ini Kata BJ Habibie Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Proyek Pesawat R80 masuk Proyek Strategis Nasional (PSN). Pesawat ini akan digarap oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan ini didirikan mantan Presiden, BJ Habibie, bersama putranya, Ilham Akbar Habibie.

Lantas, apa respons BJ Habibie atas masuknya proyek Pesawat R80?

"Saya rasa wajar kan, apa enggak bisa bayangkan Indonesia tanpa pesawat terbang. Jadi kita ternyata bisa membuatnya, kita telah membuktikan kan," kata Habibie usai menghadiri Presidential Lecture di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2017).

Baca juga: Anak Usaha Garuda dan RAI Kembangkan Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie

Habibie menambahkan, proyek R80 sebenarnya ide bangsa Indonesia yang dicetuskan oleh Presiden RI pertama Soekarno. Sehingga perkembangan industri strategis di Indonesia sangat dibutuhkan Indonesia.

"Itu bukan idenya Pak Habibie, idenya Bung Karno. Jadi dalam hal itu kita harus sangat sadari bahwa industri strategis dan pada khususnya dirgantara ada produk sepanjang masa dibutuhkan Indonesia," tutur Habibie.

Habibie optimistis dengan pembuatan R80 yang masuk ke dalam PSN. Banyak pihak yang dapat terlibat tidak hanya dalam pembuatan R80, juga di dalam industri lainnya.

"Saya optimistis karena sumber daya manusia Indonesia tidak mengenal SARA, toleransi gede, menerima. Kita hanya pada satu Tuhan Yang Maha Esa. Jadi dalam hal ini kita andalkan kepada SDM dan sebagian besar bangsa Indonesia 99% percaya pada Tuhan," tutup Habibie.

Baca juga: Pesawat N245 dan R80 Masuk Proyek Strategis Nasional Jokowi

Selain Pesawat R80, pesawat N245 juga masuk proyek strategis nasional. Proyek ini digarap PT Dirgantara Indonesia bersama LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed