Meneropong 4 Lokasi Calon Silicon Valley Indonesia

- detikFinance
Selasa, 24 Jul 2012 13:33 WIB
Meneropong 4 Lokasi Calon Silicon Valley Indonesia

Wilayah yang masuk provinsi Jawa Timur ini memang dikenal memiliki banyak kawasan industri. Lahan-lahan di sekitar Rungkut, Waru atau Ngoro telah eksis cukup lama pada industri ini. Rungkut misalkan, memiliki lahan seluas 245 ha, lalu Berbek 87 ha, dan Rembang Pasuruan 500 ha.

Waru pun tak kalah maju. Sebagai kawasan industri di selatan Surabaya ini, Waru terkenal sebagai sentra industri kecil mulai logam hingga alas kaki. Waru juga dikenal sebagai pusat industri penyangga dari Surabaya.

Kemudian Ngoro. Wilayah ini secara administratif masuk pada wilayah Mojokerto. Masyarakat lebih mengenalnya Ngoro Industrial Park (NIP). NIP berada di antara Mojosari dan Watukosek. Salah satu pengembang yang giat ekspnasi di Ngoro adalah PT Intiland Development Tbk (DILD).

Sillicon Valley bisa saja masuk menjadi bagian kawasan industri yang telah lama berdiri di beberapa wilayah Indonesia. Namun, menurut Konsultan properti Jones Lang LaSalle Indonesia, Vivin Harsanto, posisinya Sillicon Valley harus terisolasi.

"Saya lihat bangunannya khusus. Seperti industrial estate, jalan harus lebar, listrik, water treatment. Untuk Silicon Valley infrastrukturnnya jaringan support pada bisnis (IT). Fiber optic, ini kan 24 hours. Bisa ada di dalam kawasan industri tapi harus isolated," ungkap Vivin kemarin.

(wep/ang)