Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Mei 2013 13:55 WIB

Mobil Listrik Nasional akan Diproduksi Massal di 2015

- detikFinance
Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta menegaskan program mobil listrik nasional masih terus berjalan. Saat ini, pengembangan memasuki tahap penelitian baterai.

Hal tersebut disampaikan oleh Gusti usai dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, di Gedung DPR MPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (30/5/2013).

"Mobil listrik kita jalan terus. Sekarang sedang masuk penelitian baterai. Maksudnya bagaimana ukuran kecil tapi memiliki daya yang cukup besar," kata Gusti.

Gusti mengatakan, tahap ini termasuk tahap yang vital. Alasannya sumber daya dari mobil listrik banyak bergantung pada baterai. Menurutnya, Indonesia sudah menguasai teknologi pendukung lainnya.

"Kalau itu dikuasai maka nggak ada masalah, soalnya yang empat teknologi kunci sudah kita kuasai, seperti chasis, sistem elektronika, urusan alat charger sudah kita kuasai semua," paparnya.

Jika sudah rampung, Gusti mengatakan, program ini akan memasuki tahap produksi massal yang ditargetkan akan dilakukan pada tahun 2015.

"Sekarang sedang uji jalan yang sebenarnya di Yogyakarta. Jadi nanti kalau lagi jalan kan nanti kelihatan mana enak atau nggak bagus, kita perbaiki, dan baru kita serahkan ke industri siapa yang mau mengembangkan Target kita 2015 sudah diproduksi, semuanya, mesin dan semua," tutupnya.



(zul/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com