Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Sep 2013 18:53 WIB

Mentan Suswono: 70% Kebutuhan Kedelai di Indonesia Dari Impor

- detikFinance
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengakui dari kebutuhan kedelai di dalam negeri 2,4 juta ton per tahun, sebanyak 70% berasal dari kedelai impor. Sehingga walaupun ada tambahan lahan 88.000 hektar, kebutuhan kedelai Indonesia masih harus dipasok dari impor.

"Ada tambahan 80.000 hektar lahan kedelai. Namun jumlah tersebut tidak cukup dan kita akan tetap impor kedelai, impor kita sekarang ini kan masih 70%," ucap Suswono ditemui di Hotel Ciputra, Jakarta, usai bertemu dengan Kepala Dinas Pertanian se-Indonesia, Senin (16/9/2013).

Menurut Suswono, dengan harga kedelai di dalam negeri saat ini melonjak membuat petani tertarik untuk menanam kedelai. Para petani menganggap harga kedelai saat ini menguntungkan, terlebih pemerintah siap membeli dengan harga Rp 7.000/Kg.

"Ya memang secara bertahap (kurangi impor), tapi intinya begini petani akan tertarik tanam kedelai kalau harganya menguntungkan dan sekarang ini harga (kedelai) menguntungkan bagi petani dan sekarang petani mulai bergairah kembali menanam kedelai," ujar Suswono.

Suswono juga berharap, Provinsi Aceh yang dulu sebagai sentra kedelai nasional, kembali berkembang sehingga produksi kedelai ada tambahan.

"Aceh dulu sentra kedelai, kontribusinya besar bagi pasokan kedelai nasional, kita lihat ini Bupati Aceh Timur ada komitmen kembali mengembangkan kedelai, lahannya akan dikembangkan sampai 50.000 hektar. Apalagi ini ada tambahan 88.000 hektar lagi lahan yang bisa ditanami kedelai, secara bertahap ini akan mengurangi impor," katanya.



(rrd/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed