Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Apr 2014 12:33 WIB

Tuna Sirip Biru Asal Indonesia Dihargai Rp 1 Miliar/Ekor

- detikFinance
Jakarta - Untuk jenis tertentu, harga ikan tuna bisa mencapai miliaran rupiah per ekor, misalnya jenis ikan tuna sirip biru atau Bluefin yang dapat ditemui di perairan Indonesia yang berbatasan dengan Samudera Hindia maupun Pasifik.

Harga jenis ikan tuna jenis ini cukup mahal, di Jepang harga per ekor jenis bluefin bisa mencapai Rp 1 miliar/ekor.

"Ikan tuna Bluefin harga sangat mahal. Setiap satu ekor ikan tuna Bluefin berukuran hampir 100 kg bisa mencapai US$ 100 ribu (Rp 1 miliar) bahkan lebih di pelabuhan pasar ikan di Tsukiji Jepang," ungkap Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Gellwynn Jusuf kepada detikFinance, Kamis (10/4/2014).

Menurut Gellwynn, ikan tuna jenis Bluefin dapat dengan mudah ditemui di Perairan Selatan Jawa hingga ke Timur Indonesia. Meskipun begitu, ikan tuna jenis ini juga banyak dijumpai di Perairan Australia hingga Papua Nugini.

"Kebetulan migrasi Bluefin tuna melalui jalur selatan Pulau Jawa sampai dengan Nusa Tenggara Timur, sehingga Indonesia memiliki peluang yang lebih besar," katanya.

Sayangnya, potensi penangkapan ikan tuna jenis ini di Indonesia belum maksimal, karena mayoritas nelayan masih menggunakan kapal-kapal kecil. Sedangkan di sisi yang lain, penangkapan ikan jenis ini dibatasi hanya 750 ton/tahun.

"Penangkapannya dibatasi 750 ton karena ini merupakan jenis ikan tuna yang paling mahal dan paling diburu kapal penangkap ikan. Stok bluefin tuna sudah semakin punah. Tidak hanya Indonesia hampir semua negara pemilik kapal selalu memburu ikan bluefin tuna sebagai tujuan utama. Sayangnya kita kekurangan kapal besar. Hasil tangkapan oleh kapal-kapal Indonesia didominasi oleh kapal-kapal tuna long line yang berpangkalan di Benoa Bali," jelasnya.



(wij/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com