ADVERTISEMENT

Ini Dia Mobil-mobil Listrik Buatan Indonesia

- detikFinance
Selasa, 15 Apr 2014 13:02 WIB
Ini Dia Mobil-mobil Listrik Buatan Indonesia

Dua bulan berselang setelah insiden tersebut, Dahlan menugaskan Ricky yang merupakan salah satu 'Putra Petir' untuk mengembangkan mobil listrik sport bernama Selo.

Untuk desain, Dahlan menyerahkan semuanya rancangan mobil kepada Ricky. Untuk harga, mantan bos PLN ini menuturkan harga mobil Selo lebih murah daripada Tucuxi. Selo sendiri, diambil dari nama dari bahasa Jawa yang memiliki arti batu.

Sepintas, kendaraan listrik ini mirip dengan mobil super asal Eropa, namun terciptanya mobil berbalur warna kuning ini cuma lewat tangan anak bangsa di rumah modifikasi Kupu-kupu Malam Yogyakarta.

Mobil listrik kebanggan masyarakat Indonesia ini menggunakan baterai 360 Volt, 140 ampere buatan Nippres. Motor listriknya berdaya 150 kW setara tenaga 190 Hp yang masih didatangkan dari Amerika lewat produk EV drive.

Jika terisi penuh bisa berjalan sejauh 200 km. Pengisian dari kosong membutuhkan waktu 4 jam dengan quick charger yang menggunakan listrik 3 phase. Kalau menggunakan charger kecil yang hanya 1 phase butuh waktu 8 jam dari kosong hingga terisi penuh.

Total pembuatan mobil listrik Selo ini membutuhkan waktu 8 bulan, 2 bulan sketsa dan 6 bulan produksi. Dana yang dikucurkan senilai Rp 1,5 miliar yang terbagi Rp 400 juta untuk baterai, Rp 300 untuk motor listrik dan sisanya untuk bodi dan kaki-kaki.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT