Follow detikFinance
Selasa 24 Mar 2015, 06:48 WIB

Hari Ini, Pabrik Mobil Baru Mitsubishi di Bekasi Mulai Dibangun

- detikFinance
Hari Ini, Pabrik Mobil Baru Mitsubishi di Bekasi Mulai Dibangun Foto: Menperin Saleh Husin
Jakarta - Mitsubishi bakal membangun pabrik otomotif di Indonesia, setelah dikunjungi oleh Wapres Jusuf Kalla (JK) dan rombongan pada pekan lalu ke Jepang. Menperin Saleh Husin menyatakan, pabrik itu juga akan memproduksi kendaraan untuk diekspor.

"Mitsubishi berencana mengekspor 20 ribu unit per tahun dari total produksi angkutan penumpang sebanyak 80 ribu per tahun. Artinya, porsi ekspor mencapai 25 persen. Saya berharap ini terus meningkat dan dan diikuti produsen otomotif lainnya," ujar Saleh dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Selasa (24/3/2015).

Dia menyebut, pabrik yang akan berlokasi di Bekasi itu dapat menyerap banyak tenaga kerja. Sehingga membuka peluang bagi masyarakat. "Pabrik itu berkapasitas produksi 160 ribu per tahun dan membuka lapangan kerja baru bagi 3.000 orang," imbuh dia.

Rencananya, Saleh akan menghadiri peletakan batu pertama dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia akan dilakukan pada hari ini. Nantinya Mitsubishi juga akan memproduksi komponen otomotif yang juga akan diekspor.

"Pabrik itu juga wujud kepercayaan dan optimisme investor global, seperti Mitsubishi Corporation Japan beserta mitra usahanya pada iklim bisnis dan investasi di negara kita," ungkap Menperin.

Apalagi, lanjutnya, Mitsubishi menjadikan Indonesia sebagai basis produksi beberapa model kendaraannya serta komponen di ASEAN bahkan di dunia saat ini.

Selain menciptakan lapangan kerja, Kementerian Perindustrian juga memperhitungkan potensi penambahan penerimaan pajak dan devisa. Pasalnya, Mitsubishi berencana mengekspor 20 ribu unit per tahun dari total produksi angkutan penumpang sebanyak 80 ribu per tahun.

"Mitsubishi menjadikan Indonesia sebagai basis produksi beberapa model kendaraannya serta komponen di ASEAN bahkan di dunia saat ini," ucap Saleh.

(bpn/dnl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed