Follow detikFinance
Jumat 07 Aug 2015, 14:18 WIB

Apple Mau Investasi di Indonesia? Menperin: Ada Sinyal Positif

Zulfi Suhendra - detikFinance
Apple Mau Investasi di Indonesia? Menperin: Ada Sinyal Positif Foto: Reuters
Jakarta - Produsen ponsel dunia, Apple membawa sinyal positif untuk berinvestasi di Indonesia. Sudah dua kali Apple datang ke Kementerian Perindustrian untuk mengetahui lebih lanjut regulasi mengenai peredaran ponsel yang berlaku di Indonesia.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menuturkan, kedatangan Apple memberikan sinyal positif bahwa perusahaan pembuat produk seperti iPhone, iPad, Apple TV dan lainnya tersebut untuk berinvestasi di Indonesia.

"Waktu itu Apple datang, ‎intinya ada sinyal positif lah," tutur Saleh singkat kala ditemui detikFinance di kantornya, Jumat (7/8/2015).

Sementara itu, Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Ignasius Warsito mengatakan, pihak dari Apple kembali datang ke Kementerian Perindustrian, kemarin (6/8/2015).

Warsito mengatakan pihak Apple datang membahas mengenai persamaan persepsi mengenai aturan ponsel yang diterapkan pemerintah Indonesia.

"Apple datang bawa proposal, intinya sudah ada persamaan persepi tentang ke depan cara menghitung TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) adalah seperti apa," tutur Warsito.

Diketahui, mulai 2017, semua ponsel 4G LTE di Indonesia wajib mengandung 30% komponen lokal. Pemerintah sendiri tengah menyempurnakan formula apa-sapa saja yang nantinya bisa disebut sebagai komponen lokal.

Warsito menambahkan, salah satunya selain membangun pabrik di Indonesia, produsen‎ ponsel bisa menyertakan aplikasi bawaan dari ponsel yang dijualnya.

"Investasi itu bisa bangun design house, pabrik, aplikasi, bisa juga. Kombinasi lah. Intinya mereka menyerahkan proposal ada keseimbangan soal model TKDN," tutup Warsito‎.

(zul/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed