Investor Taiwan Bikin Sepatu Adidas Made In Cianjur

Maichel Agustinus - detikFinance
Sabtu, 03 Okt 2015 11:20 WIB
foto: Franky saat meninjau pabrik sepatu Adidas di Cianjur (Michael-detikFinance)
Cianjur -

Produsen sepatu asal Taiwan, PT Pou Yuen Indonesia membangun pabrik alas kaki baru di Cianjur, Jawa Barat. PT Pou akan memproduksi sepatu-sepatu olahraga bermerek, seperti Adidas.

Meski diproduksi di Cianjur, sepatu bermerek tersebut akan dijual untuk memenuhi kebutuhan ekpor. Tahap awal, pabrik ini sudah memproduksi bahan dasar sepatu yang selanjutnya dibawa ke pabrik sepatu lama milik PT Pou untuk disempurnakan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Franky Sibarani, menyebut pabrik sepatu baru ini ditagetkan akan memproduksi sampai 10 juta pasang sepatu per tahun. Total nilai ekspor US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun per tahun.

"PT Pou Yen memasok antara lain sepatu merek Adidas dalam kontrak jangka panjang," kata Franky, saat kunjungan ke pabrik sepatu PT Pou Yuen Indonesia di Cianjur, Sabtu (3/10/2015).

Pabrik yang dibangun PT Pou merupakan pengembangan dari pabrik lama. Pabrik baru yang menelan investasi US$ 36 juta atau setara Rp 529 miliar ini sudah mulai beroperasi secara bertahap hingga 2019.

Fraky menyebut, investasi baru ini bisa mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, apalagi di tengah banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat ini.

"Dengan realisasi investasi PT Pou pada 2015, maka dapat mendukung program pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran dengan cukup signifikan serta meningkatan devisa negara melalui peningkatan ekspor," tutupnya.

(feb/wdl)